Spesifikasi New MG ZS yang Baru Meluncur di Indonesia, Harga Masih Tanda Tanya

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 09 Sep 2021 18:53 WIB
New MG ZS
New MG ZS. Foto: Dok. MG Motor Indonesia
Jakarta -

MG Motor Indonesia resmi memperkenalkan New MG ZS secara virtual di kanal YouTube resminya pada Kamis (9/9/2021). Meski sudah diluncurkan, harga SUV kompak ini belum diumumkan. Namun untuk spesifikasi detailnya, pihak MG menjelaskannya secara rinci.

"Minat konsumen dunia masih begitu tinggi terhadap SUV, oleh karena itu kami optimis dengan menghadirkan New MG ZS ke tengah konsumen Indonesia akan mampu mengubah ekspektasi mereka terhadap SUV yang ideal dan atraktif," ungkap General Director MG Motor Indonesia, Donald Rachmat.

Varian, Warna, dan Harga

New MG ZS memiliki model terbaru yaitu Activate, Ignite, hingga yang tertinggi, Magnify. Mobil ini memiliki pilihan warna Arctic White, Scarlet Red, Silver Metallic, dan Black Knight. Sayang untuk harga dari New MG ZS ini belum diumumkan secara resmi.

New MG ZSNew MG ZS Foto: Dok. MG Motor Indonesia

Desain dan Dimensi

Mobil ini tampil semakin segar. Ubahan yang paling mencolok di mobil ini ada di bagian fascia, di mana grill menggunakan desain baru yaitu MG Exclusive High Gloss Grille yang sporty dan tetap dihiasi logo octagonal MG yang ikonik.

Penyegaran juga dilakukan pada lampu depan, yang kini sepenuhnya menggunakan lampu proyektor LED di depan, serta rear tail lights di belakang. Pada bagian samping juga terdapat semacam garis yang menyambung hingga gagang pintu belakang atau british shoulder line.

Adapun untuk dimensinya, New MG ZS memiliki panjang 4.323 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.653 mm (Ignite dan Magnify), tinggi 1.628 (Activate), dan jarak sumbu roda 2.585 mm, berat 1.290 kg, serta kapasitas tangki 48 liter.

New MG ZSNew MG ZS Foto: Dok. MG Motor Indonesia

Kaki-kaki dan Suspensi

Pada varian Activate dan Ignite dapat pilihan pelek aluminium 16 inch dibalut profil ban 215/60 R16. Sedangkan pada tipe Magnify pakai pelek aluminium ukuran 17 inch yang dibalut profil ban 215/55 R17.

Sementara suspensinya, depan pakai Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar, suspensi belakang Torsion Beam. Sistem rem depan Ventilation Disc Brake dan sistem rem belakang Disc Brake.

Mesin dan Performa

Mobil ini menggunakan mesin 1.498 cc, 15S4C DOHC 4 Cylinder 16 Valve VTi - TECH, Multi-point Fuel Injection, diameter x langkah 75 mm x 84,8 mm. Mesin itu bisa menghasilkan daya 114 PS pada 6.000 rpm dan torsi 150 Nm pada 4.500.

Msin tersebut dibekali transmisi CVT 8-speed Automatic Transmission, yang diklaim bisa membuat perpindahan gigi di New MG ZS makin halus, nyaman, prima, serta lincah.

New MG ZSNew MG ZS Foto: Dok. MG Motor Indonesia

Fitur Elektronik dan Keselamatan

New MG ZS diklaim telah meraih rating bintang lima dari ASEAN NCAP. Hal itu menjadi maklum, karena di mobil ini terdapat banyak fitur-fitur canggih.

Selain ada fitur Anti-Lock Braking System (ABS) dan Airbag 6 titik, New MG ZS masih memiliki Structure Body FSF (Full Space Frame), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Electronic Parking Brake EPB), Hill Start Assist (HSA), termasuk Hill Descent Control (HDC), termasuk SCS (Stability Control System), CBC (Curve Brake Control), TCS (Traction Control System), ESS (Emergency Stop Signal), dan Follow Me Home Light.

Fitur Fungsional dan Hiburan

Mobil ini dilengkapi dengan Electric IMAX Panoramic Sunroof, 6-way Electric Adjustable Seat, dan sistem AC dengan PM 2.5 Filter Air Purifying System. Tak hanya itu, masih ada fitur kamera 360 derajat Omni Directional Camera yang otomatis aktif saat hendak berbelok atau mundur, 5 USB Port yang ada pada bagian depan, area penumpang, dan kaca spion tengah. Kemudian panel instrumen digital 7 inch yang memiliki fitur TPMS untuk mengecek tekanan ban.

New MG ZSNew MG ZS Foto: Dok. MG Motor Indonesia
(lua/din)