Gawat! Pemerintah AS Tinggalkan 65 Ribu Ford Ranger dan Humvee di Afghanistan

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 03 Sep 2021 19:42 WIB
Taliban fighters atop Humvee vehicles parade along a road to celebrate after the US pulled all its troops out of Afghanistan, in Kandahar on September 1, 2021 following the Talibans military takeover of the country. (Photo by JAVED TANVEER / AFP)
Pemerintah AS tinggalkan 65 ribu unit Ford Ranger dan Humvee di Afghanistan setelah negara ini dikuasai kelompok Taliban. Foto: AFP/JAVED TANVEER
Jakarta -

Pemerintah Amerika Serikat (AS) meninggalkan puluhan ribu kendaraan perang di Afghanistan setelah negara itu dikuasai oleh kelompok Taliban. Tidak tanggung-tanggung, ada sekitar 65 ribu unit Ford Ranger dan Humvee yang ditinggal di sana.

Seperti dikutip dari laman Carscoops, ada sekitar 43.000 truk pikap Ford Ranger, 22.000 unit Humvee, dan 900 MRAP (Mine-Resistant Ambush Protected) yang ditinggal di Afghanistan.

Kendaraan-kendaraan itu sebelumnya dioperasikan oleh militer dan polisi nasional Afghanistan, hingga kini dikuasai kelompok Taliban. Jumlah kendaraan yang ditinggal itu tentunya sangat fantastis, khusus untuk model Ford Ranger angkanya sama seperti penjualan Ford Ranger di Amerika di delapan bulan pertama 2019.

Tidak diketahui pasti apa yang terjadi pada semua tumpukan Ranger dan Humvee itu. Namun beberapa kendaraan militer AS, baru-baru ini diserahkan kepada pasukan keamanan Afghanistan, yang artinya saat ini kendaraan-kendaraan itu sudah dikuasai oleh Taliban.

Dikutip dari Autoblog, sebelumnya Taliban disebut-sebut sudah menguasai beberapa kendaraan milik militer AS, antara lain 901 Ford Ranger spesifikasi militer. Dari jumlah tersebut 877 di antaranya sudah dikuasai Taliban, sementara 24 lainnya dihancurkan.

Kendaraan militer AS lainnya yang juga dikuasai Taliban adalah HMMWV (High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle) atau disebut Humvee. Jumlahnya mencapai 729 unit. Sebanyak 665 di antaranya sudah diambil alih Taliban, sedangkan 64 lainnya dihancurkan.

Bahkan ada kendaraan tempur berat tank yang juga kini dikuasai Taliban. Tank milik tentara AS dan angkatan bersenjata Afghanistan berjumlah 12 buah gabungan Tank T-54/55 dan Tank T-62. Seluruhnya kini dikuasai Taliban.

Daftar mobil tentara AS yang kini dimiliki Taliban juga termasuk Kendaraan Pengamanan Bersenjata M1117. Jumlahnya ada 60 buah dan 51 di antaranya diambil alih Taliban.

(lua/din)