Jadi Penantang Raize-Rocky, Hyundai Casper Bakal Masuk Indonesia?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 02 Sep 2021 20:15 WIB
Hyundai Casper
Hyundai Casper. Foto: Dok. Hyundai Motor Company
Jakarta -

Hyundai merilis SUV terkecil bernama Hyundai Casper. Penantang Toyota Raize, Daihatsu Rocky hingga Suzuki Ignis ini bakal diluncurkan di paruh kedua tahun ini. Mobil ini juga dibekali mesin 1.000 cc turbo. Akankah masuk Indonesia?

Hyundai memperkenalkan Casper di Korea, dan kemungkinan akan diluncurkan di India. Hyundai belum mau memastikan apakah Hyundai Casper bakal diluncurkan di Indonesia atau tidak.

"Kita nggak comment dulu lah ya," kata Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur saat ditemui di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (2/9/2021).

Makmur menyebut, pihaknya sudah memiliki rencana produk untuk pasar Indonesia. Tapi, dia tidak memastikan apakah Hyundai Casper cocok untuk Indonesia atau tidak. Soal kemungkinan masuk Indonesia, dia mempertanyakan seberapa besar segmen tersebut di Indonesia.

"Simpelnya lihat saja segment market-nya, kuenya seberapa gede. Kita pasti punya product plan-nya. Cuman kapan, (mobil) apa, tunggu tanggal mainnya," kata Makmur.

Hyundai CasperHyundai Casper Foto: Dok. Hyundai Motor Company

Sementara itu, Hyundai Casper didesain untuk pelanggan entry level. Secara dimensi, Hyundai Casper lebih cocok berkompetisi dengan Suzuki Ignis. Casper memiliki panjang total 3.595mm, jarak sumbu roda 2.400mm, lebar penuh 1.595mm, dan tinggi total 1.575mm

Namun, mobil ini juga dibekali dengan mesin 1.000 cc turbo, sama seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang baru saja meluncur di Indonesia. Ada dua pilihan mesin untuk Hyundai Casper, yaitu mesin 1.0 MPI dan mesin 1.0 T-GDI (turbo).

Dari depan, mobil ini menampilkan layout terpisah dengan lampu sein di bagian atas dan LED Daytime Running Lights (DRL) bulat di bagian bawah. Hyundai membuat Casper dengan desain grille pola parametrik futuristik. Juga terdapat skid plate yang lebar.

Bagian samping menampilkan kedinamisan kendaraan dengan fender yang menonjol serta ground clearance tinggi yang mencerminkan sebuah SUV. Pilar A dibuat dengan warna hitam. Kesan kokoh tercermin dari pilar B dan roof-rail.

Handle pintu baris kedua hadir dengan tipe tersembunyi pada bagian kaca jendela untuk menambah kesan canggih dan rapi. Emblem karakter Casper yang berbentuk seperti orang tersenyum dipasang pada bagian atas pintu baris kedua.

Beralih ke bagian belakang, pintu bagasi lebar diaplikasikan untuk meningkatkan kenyamanan dalam memuat barang bawaan. Selain itu, pola parametrik yang sama seperti grille juga diterapkan pada lampu belakang. Desain lampu sein berbentuk bulat juga ada di bagian belakang, melengkapi desain yang menyatu.



Simak Video "Ini SUV Baru Hyundai Casper, Laku Hampir 19 Ribu Unit saat Rilis Perdana"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)