All New Toyota Vios Dikabarkan Meluncur Tahun Depan, Pakai Sasis Daihatsu?

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 02 Sep 2021 17:51 WIB
Dua konsep itu adalah DN Multisix dan DN F Sedan.
Mobil konsep Daihatsu DN F-Sedan yang dipamerkan di GIIAS 2017. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Sedan entry level, Toyota Vios, dikabarkan segera mendapatkan penyegaran. All New Toyota Vios disebut-sebut meluncur tahun 2022 dan diprediksi sudah menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Dikutip dari laman Autoindustriya, model terbaru Vios rencananya diluncurkan pada Agustus 2022. Generasi anyar ini akan meluncur lebih dahulu di negeri gajah putih, Thailand, dengan nama Toyota Yaris Ativ.z

Yang menarik, Vios/Yaris Ativ generasi keempat ini mengusung kode D92A. Padahal tiga generasi Vios sebelumnya menggunakan kode 'XP'. Spekulasi atas kode baru itu pun bermunculan, 'D' pada kode D92A bisa juga diartikan sebagai Daihatsu.

Ya, kemungkinan besar Toyota Vios terbaru akan dibangun di atas sasis Daihatsu atau platform DNGA. Di Toyota, penyebutan DNGA itu diubah jadi TNGA atau Toyota New Global Architecture.

Dengan penggunaan sasis baru ini, model baru Vios diprediksi bisa menjadi lebih ringan, lebih rigid (kaku), dan keamanan tabrakan yang jauh lebih baik.

Tidak hanya itu, Autoindustriya juga menyebut bahwa Yaris Ativ/Vios baru akan mendapatkan versi mesin hybrid, yang kabarnya dirilis setahun kemudian, tepatnya pada Agustus 2023.

Toyota Vios Hybrid diprediksi menggunakan mesin hibrida 1,5 liter milik Toyota Prius C. Strategi ini sama seperti yang dilakukan Toyota terhadap Corolla Cross Hybrid dan Corolla Altis Hybrid, di mana kedua model ini menggunakan sistem penggerak hybrid 1,8 liter dari Toyota Prius.

Kilas balik empat tahun ke belakang, Daihatsu pernah memperkenalkan mobil konsep DN F-Sedan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Mobil sedan konsep ini memiliki desain elegan dan agresif, dengan desain lampu depan dan lampu belakang serba sipit.

Apakah mobil konsep DN F-Sedan tersebut yang nantinya akan dijadikan produk massal Toyota Vios generasi keempat? Mari kita tunggu kabar selanjutnya.

(lua/din)