Canggih! Hyundai Bawa Robot yang Bisa Ngedance ala BTS ke Indonesia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 02 Sep 2021 17:21 WIB
Robot Hyundai Spot, Bisa Tiru Dance ala BTS
Robot Hyundai Spot. Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto
Jakarta -

Hyundai Motors Indonesia (HMID) membawa robot pintar berkaki empat bernama Spot. Robot dari Boston Dynamics ini menghadirkan era baru robotik. Robot ini sangat pintar, bahkan bisa melakukan tarian mengikuti lagu-lagu yang diputar.

Spot merupakan robot pintar hasil kolaborasi Hyundai Motor Group dan Boston Dynamics. Hyundai melihat bahwa robotik memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas kehidupan di dunia kerja, di rumah, dan di manapun, dengan cara menghadirkan dukungan lebih bagi masyarakat luas. Melalui sinergi ini, Hyundai Motor Group ke depannya akan terus mengembangkan konsep mobilitasnya mencakup autonomous car, logistik, dan Urban Air Mobility.

Robot Hyundai Spot, Bisa Tiru Dance ala BTSRobot Hyundai Spot, Bisa Tiru Dance ala BTS Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Spot, robot pintar berkaki empat, merupakan robot pertama dari Boston Dynamics yang dikomersialisasikan. Keempat kaki Spot bergerak dengan lincah serta mampu menghindari rintangan dan melewati permukaan kasar secara jauh lebih baik daripada menggunakan roda. Selain itu, keempat kaki tersebut kokoh untuk menopang beban hingga 13,6 kg barang bawaan atau kargo.

Spot juga telah ditampilkan dalam sebuah video dari Hyundai di mana robot cerdas ini mendemonstrasikan sebuah tarian menggunakan lagu single BTS yang berjudul 'IONIQ: I'm On It'. Melalui video tersebut, Hyundai secara global turut ingin merayakan masuknya Hyundai ke dalam lini bisnis robotik dengan cara mengkombinasikan beragam elemen robotik ke dalam kegiatan sehari-hari.

[Gambas:Youtube]

"Misi utamanya datang ke Indonesia untuk memperkenalkan tentang future technology yang dimiliki Hyundai. Perlu dicatat bahwa robot tidak menggantikan manusia. Salah satu alasan kenapa Hyundai melihat bahwa robotik merupakan solusi untuk kemanusiaan. Di dalam satu kondisi, kadang ada beberapa hal yang mungkin manusia itu sendiri tidak bisa datang atau melakukan kegiatan di suatu tempat karena berbahaya. Misalnya waktu itu Spot pernah ditugaskan untuk mengukur kadar radiasi," kata GM Marketing Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Astrid A. Wijaya saat ditemui di The Forum, Mall Kelapa Gading 3, Kamis (2/9/2021).

Spot akan mempertontonkan aksi-aksi cerdasnya seperti menari dan berjalan mengitari area Hyundai Exhibition untuk menyambut para pengunjung dan pelanggan di The Forum, Mall Kelapa Gading 3, dari tanggal 1-5 September 2021. Nantinya akan diikuti dengan serangkaian penampilan di Hyundai City Stores.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur, mengatakan teknologi robotik ini juga bisa digunakan untuk kendaraan bermotor. Terutama kendaraan canggih seperti mobil otonom.

"Yang penting teknologi dasarnya robot. Robot itu diatur oleh sensor sekian banyak. Tinggal nanti kita mau menggunakan ini sebagai function apa, itu tinggal di-adjust dia punya spesifikasinya," ucap Makmur.



Simak Video "Punya Pabrik di RI, Harga Mobil Listrik Hyundai Bakal Lebih Murah?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)