MPV Seperti Avanza-Xpander Cs Enggak Laku di Eropa, yang Terlaris Adalah....

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 31 Agu 2021 07:55 WIB
Jakarta -

Mobil 7-penumpang seperti Avanza, Xenia, Xpander, Mobilio, dan Confero S masih jadi pilihan bagi masyarakat di Indonesia. Tapi lain di benua biru, mobil apa yang paling laris di sana?

Di Indonesia mobil MPV (Multi Purpose Vehicles) dengan kapasitas 7-penumpang masih digemari. Misalnya berdasarkan data Gaikidno penjualan mobil secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) sepanjang Juli 2021menempatkan Mitsubishi Xpander --termasuk Xpander Cross di puncak klasemen penjualan dengan catatan angka 6.974 unit. Disusul Toyota Avanza terjual sebanyak 5.938, barulah Honda Brio yang dihitung termasuk Brio Satya di kelas LCGC dan Brio RS di kelas city car terjual sebanyak 4.361 unit.

Bila bergeser ke belahan Bumi Eropa, ternyata warga di sana lebih banyak menyukai mobil berukuran compact seperti hatchback.

Dikutip Automotive News, Senin (30/8/2021) berdasarkan data yang dikumpulkan JATO Dynamics dari 26 pasar Eropa, Dacia Sandero menjadi mobil yang paling laris.

Mobil dengan konfigurasi 5-penumpang itu menjadi yang terlaris pertama kalinya sejak diluncurkan pada tahun 2008. Dacia Sandero merupakan mobil di bawah perusahaan Renault dengan catatan penjualan 20.446 unit di sepanjang Juli 2021.

Dacia SanderoDacia Sandero Foto: Dacia

Dacia Sandero menggeser pemilik tahta sebelumnya, Volkswagen Golf yang bergeser ke posisi dua. Mobil pabrikan asal Jerman ini membukukan angka 19.425 unit, atau turun 37 persen dibandingan pada bulan Juli 2020.

Melengkapi posisi tiga, ada Toyota Yaris. Ya, mobil hatchback buatan Jepang ini melengkapi tiga besar dengan catatan penjualan sebanyak 18.858 unit pada Juli 2021. Tumbuh 3 persen jika dibandingkan Juli tahun yang lalu.

Perlu diketahui, model Yaris untuk Indonesia dan Jepang memang beda. Yaris di Jepang sama modelnya untuk Eropa, sementara Yaris untuk Indonesia disebut Toyota sebagai Yaris Asia, model yang sama untuk Thailand dan beberapa negara di Asia.

Lanjut 10 besar mobil terlaris di Eropa ternyata tidak ada tongkrongan MPV. Melengkapi posisi empat hingga 10 berikut ini modelnya; Volkswagen Polo, Volkwagen T-Roc, Hyundai Tucson, Volkswagen T-Cross, Dacia Duster, Ford Puma, dan Peugeot 2008.

(riar/din)