ADVERTISEMENT

Duel Panas MPV Bongsor Premium: Hyundai Staria Vs Toyota Alphard

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 21 Agu 2021 06:29 WIB
Hyundai Staria
Duel panas Hyundai Staria Vs Toyota Alphard. Foto: Dok. Hyundai Motors Indonesia (HMID)
Jakarta -

Hyundai Staria resmi diluncurkan di Indonesia pada 20 Agustus 2021. Mobil bongsor ini akan menjadi penantang Toyota Alphard di segmen MPV Premium. Seperti apa perbandingan harga dan spesifikasi keduanya di atas kertas? Simak ulasan berikut ini.

Pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai, cukup agresif dalam memperkenalkan berbagai produk mobil mereka. Setelah merilis Palisade dan Santa Fe terbaru, Hyundai kembali mendatangkan produk MPV, Staria, yang sebelumnya sudah diperkenalkan di Thailand.

Di Indonesia sendiri segmen MPV premium lekat dengan nama Toyota Alphard. Saking kuatnya brand tersebut, Lexus sampai mendatangkan kembarannya yang berharga lebih mahal dan lebih mewah, yakni Lexus LM 350.

Lalu seperti apa head to head antara Hyundai Staria dan Toyota Alphard? Berikut perbandingannya, baik dari segi harga, fitur keselamatan, dan spesifikasi teknis lainnya.

Toyota AlphardToyota Alphard. Foto: Dok. PT Toyota-Astra Motor (TAM)

Harga dan Varian

Hyundai Staria terdiri dari dua varian dan harga. Untuk Staria Signature 7 harganya Rp 1.020.000.000 dan Staria Signature 9 harganya Rp 888.000.000. Harga tersebut berstatus OTR Jakarta dan untuk kepemilikan kendaraan pertama.

Mobil ini tersedia dalam berbagai warna eksterior, antara lain meliputi Creamy White, Abyss Black Pearl, Graphite Grey Metallic, serta Shimmering Silver Metallic. Sedangkan untuk warna interior, tersedia pilihan Black one-tone Embroidered leather dan Brown two-tone Embroidered leather.

Sementara untuk Toyota Alphard ada tiga varian dan harga. Tipe 2.5 X A/T harganya Rp 1.065.450.000, tipe 2.5 G A/T Rp 1.219.850.000, dan tipe 3.5 Q A/T harganya Rp 1.990.450.000. Adapun pilihan warna yang ditawarkan adalah Black, Graphite Metallic, dan White Pearl MM.

Hyundai StariaHyundai Staria Foto: Dok. Hyundai Motors Indonesia (HMID)

Desain Eksterior

Dari generasi ke generasi, Toyota Alphard hampir selalu membawa bahasa desain eksterior yang sama. Selayaknya mobil elegan, Toyota Alphard selalu tampil dengan desain dan nuansa mewah, anggun, dan formal. Salah satu ciri khas Alphard adalah bentuk bodi atau pintu baris kedua yang menyambung dengan pilar B. Selain itu, aksen krom di mobil ini juga cukup banyak, dari bagian grille hingga bagian bodi samping dan atas.

Beda dengan Alphard, Hyundai Staria justru menampilkan desain yang radikal nan liar. Hyundai mengklaim jika desain eksterior Staria menampilkan siluet futuristik, kesan bersih, ramping, dan menyerupai pesawat luar angkasa. Bagian fascia memberikan tampilan grille yang berani dan eksklusif. Selain itu tersemat LED Daytime Running Lights (DRL) horizontal dan positioning lamps yang berada di sepanjang sisi kendaraan.

Hyundai StariaInterior Hyundai Staria Foto: Dok. Hyundai Motors Indonesia (HMID)

Mesin dan Performa

Hyundai hanya menawarkan satu pilihan mesin Staria untuk pasar Indonesia. Mobil ini akan ditenagai mesin diesel R2.2 VGT dengan transmisi otomatis 8-percepatan Shift-by-Wire. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga puncak 177 PS pada 3.800 rpm dan torsi maksimal 430 Nm di 1.500-2.500 rpm.

Sementara Alphard punya dua pilihan mesin bensin, yakni 2,5 liter dan 3,5 liter. Versi 2,5 liter menggunakan mesin 2AR-FE, 4 silinder segaris, 2.494 cc yang bisa menghasilkan tenaga 180 PS pada 6.000 rpm dan torsi 234 Nm pada 4.100 rpm. Mesin ini pakai jenis transmisi CVT.

Sedangkan mesin 3,5 liter Alphard pakai kode 2GR-FKS 6 silinder tipe V, 3.456 cc yang bisa menghasilkan tenaga puncak 300 Nm pada 6.200 rpm serta torsi 360 Nm pada 4.700 rpm. Mesin itu menggunakan jenis transmisi A/T.

Dimensi dan Kapasitas Kabin

Hyundai Staria diklaim memiliki bodi terbesar di kelasnya dengan lebar 1.997 mm, jarak tapak roda depan atau front wheel tread sepanjang 1.721 mm, panjang 5.253 mm, jarak sumbu roda atau wheel-base sepanjang 3.273 mm, serta jarak tapak roda belakang atau rear wheel tread sepanjang 1.732 mm. Soal kapasitas penumpang, Staria menawarkan varian 7-seater yang cocok digunakan untuk para eksekutif muda dan varian 9-seater yang cocok untuk mobil keluarga.

Sementara Toyota Alphard (2.5 dan 3.5) memiliki panjang 4.945 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.895 mm, jarak sumbu roda 3.000 mm, jarak pijak depan 1.575 mm, jarak pijak belakang 1.600, dan jarak terendah ke tanah 160 mm. Toyota Alphard bisa menampung 7 penumpang dengan konsep kursi captain seat di baris kedua yang lebih privasi.

Interior Toyota AlphardInterior Toyota Alphard Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM)

Fitur Keselamatan dan Keamanan

Dengan rentang harga Rp 888 jutaan hingga Rp 1 miliar, Hyundai Staria menawarkan berbagai teknologi safety yang canggih. Teknologi keselamatan bisa membantu membuat perjalanan lebih aman dan juga mendukung pengemudi untuk mengidentifikasi potensi bahaya, dan membantu mengurangi risiko kecelakaan.

Fitur yang ada di Hyundai Staria antara lain Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Warning (BCW), Blind-Spot View Monitor (BVM), serta Safe Exit Assist (SEA) dan Safe Exit Warning (SEW). Fitur keselamatan lain yang juga dimiliki Staria adalah Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) dan Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW).

Kemudian juga ada Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA). MPV premium ini juga punya Surround View Monitor (SVM), termasuk juga Smart Key dan fitur Smart Power Tailgate, serta Smart Power Sliding Door.

Sementara di Toyota Alphard, fitur-fiturnya pun tidak kalah canggih dari Staria. MPV mewah asal Jepang ini sudah menggunakan fitur Toyota Safety Sense (TSS) sejak tahun 2020 lalu. TSS terdiri dari fitur keamanan seperti Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), dan Adaptive Cruise Control (ACC). Selain itu, ada pula Automatic High Beam (AHB), Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Intelligent Clearance Sonar (ICS).

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT