Sama-sama Pakai Emblem GR, Ini Bedanya di Supra dan Avanza

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 05 Agu 2021 16:35 WIB
Logo GR pada Toyota Raize GR Sport
Logo GR pada Toyota Raize GR Sport (Luthfi Anshori/detikoto)
Jakarta -

Varian GR (Gazoo Racing) sebelumnya ada mobil-mobil berperforma tinggi Toyota, seperti GR Supra atau GR Yaris. Tapi belakangan ini varian GR mulai ada di mobil-mobil Toyota yang lebih murah, seperti Toyota Raize GR Sport. Bahkan, kabarnya PT Toyota Astra Motor (TAM) juga akan menyediakan varian GR pada model-model lainnya seperti Fortuner, Rush, Avanza, bahkan hingga Agya.

Lalu apa yang membedakan varian GR di mobil-mobil performa tinggi Toyota dengan mobil-mobil passenger (penumpang) Toyota? Tentunya penyematan GR di kedua jenis mobil tersebut memiliki orientasi yang berbeda.

Toyota GR SupraToyota GR Supra Foto: Rifkianto Nugroho

Misalkan pada Toyota GR Supra yang dijual di Tanah Air, benar-benar merupakan sebuah mobil berperforma buas yang dibekali dapur pacu B58 2.998cc, 6 silinder segaris, 24-Valve, DOHC, yang mampu menghasilkan tenaga puncak 340 dk dan torsi 500 Nm.

Pun demikian di Toyota GR Yaris yang memiliki performa super kencang. Bayangkan saja, dengan mesin G16E-GTS, 1.618cc, 3 silinder segaris, 12-Valve, DOHC, tenaga puncaknya bisa mencapai 275 dk pada 6.500 rpm, dengan torsi puncak 360 Nm pada 3.000-4.000 rpm.

GR Yaris memiliki spesifikasi khusus dalam bentuk gril depan, difuser sisi depan, spoiler belakang, dan bumper belakang yang dilabur warna hitam pekat. Tipe tertinggi mobil bahkan masih mendapatkan tambahan kit penunjang performa, seperti intercooler dengan fungsi pendingin dan pelek aluminium.

Toyota RaizeToyota Raize GR Sport TSS Two Tone Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Sementara untuk mobil penumpang, emblem GR kali pertama hadir di Indonesia melalui SUV kompak terbaru Toyota, Raize. Toyota Raize menawarkan varian GR Sport yang terdiri dari 4 tipe, GR CVT One Tone, GR CVT Two Tone, GR CVT TSS One Tone, dan GR CVT TSS Two Tone. Tidak ada tambahan kit performa atau part lainnya yang mendongkrak tenaga mesin di mobil ini, namun Toyota Raize GR Sport sudah dibekali fitur keselamatan canggih.

Pada Toyota Raize GR Sport dibekali interior dengan sentuhan material kulit di bagian jok, termasuk lingkar kemudinya. Selain itu, di varian ini dibekali paddle shift dan power mode switch, termasuk pilihan fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) yang meliputi Pre Colision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Nah, kabarnya TAM juga akan menawarkan varian GR untuk Toyota Avanza Veloz. Berdasarkan sumber yang diperoleh detikOto dan beberapa tenaga penjual dealer Toyota, ada beberapa update pada Avanza Veloz GR. Antara lain black mirror cover, velg alloy berwarna hitam, emblem bertuliskan GR di grille depan, dan spoiler bumper GR depan-belakang. Estimasi kenaikan harganya sendiri hingga Rp 8,5 juta dari banderol Veloz yang dijual saat ini.

Jadi sudah jelas ya perbedaanya detikers, jika varian GR pada mobil sport seperti GR Supra dan GR Yaris menawarkan performa tinggi yang cocok dipakai di lintasan balap. Maka untuk mobil penumpang seperti Raize GR Sport dan nantinya Avanza Veloz GR Sport, varian GR dikhususkan untuk tampilan yang lebih sporty dan penyematan beberapa tambahan fitur safety.

(lua/din)