Toyota Yaris Ini Jadi Mobil Kargo di Spanyol, Bagasinya Luas

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 05 Agu 2021 08:37 WIB
Toyota Yaris Hybrid EcoVan
Toyota Hybrid Ecovan Foto: Pool (Toyota/Motor1)
Jakarta -

Toyota sudah lama memperkenalkan mobil Yaris kepada publik, berbagai penghargaan telah diterima Yaris bahkan terakhir mobil ini menyabet penghargaan Car of the Year 2021. Kini, mobil hatchback tersebut mulai digunakan sebagai kendaraan komersial di Eropa bukan hanya menjadi kendaraan penumpang.

Dikutip dari Motor1, Toyota mengusung Yaris Hybrid sebagai kendaraan komersial di Spanyol dengan nama Toyota ECOVan. Tentu, ada sejumlah perbedaan dari tipe Yaris pada umumnya.

Bergabung dalam line up Toyota Profesional di Spanyol, Yaris Hybrid ECOVan ini mengusung dari tipe Yaris keluaran terbaru di Eropa. Namun, mobil ini ditawarkan sebagai solusi untuk transportasi perkotaan dan pengiriman barang 'last-mile' di dalam kota.

Toyota Yaris Hybrid EcoVanToyota Yaris Hybrid EcoVan Foto: Pool (Toyota/Motor1)

Perubahan yang terlihat jelas pada Yaris ECOVan terletak pada kabin, di mana kursi bagian belakangnya dihilangkan dan menyisakan kursi depan untuk sopir dan penumpang. Sebagai gantinya, kabin belakang dijadikan ruang kargo yang lengkap dengan pembatas, lantai kayu rata dan karpet berbahan karet.

Toyota mengklaim jika Yaris ECOVan dapat mengangkut hingga 720 liter kargo selama beratnya kurang dari 430 kg. Tentu angka tersebut jauh lebih besar daripada volume kargo Yaris versi non-ECOVan yang hanya menampung 286 liter.

Pada bagian luar, mobil kompak ini tetap sama seperti Yaris standar yang dijual. Tapi, Toyota memberikan tambahan opsi kepada konsumen yakni penambahan jendela belakang berlapis vinil jika pembeli ingin memasang logo atau iklan perusahaan.

Toyota mengusung dua varian untuk Yaris ECOVan, yaitu Business Plus dan Active Tech. Meski punya tipe yang berbeda, Toyota tetap mengandalkan fitur Toyota Safety Sense, climate control dan sensor hujan.

Meski digunakan sebagai kendaraan komersial, ternyata Yaris ECOVan tetap keren dengan hadirnya velg 15 inci, auto high-beam dan layar 7 inci dan dilengkapi dengan Apple CarPlay serta Android Auto.

Membahas soal mesin, Yaris ECOVan hadir dengan sistem hybrid yang punya kapasitas 1,5 L serta dibantu oleh motor listrik dan baterai kecil. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 118 HP dan torsi puncaknya di angka 141 Nm.

Karena mengusung hybrid, mobil ini mengusung peringkat konsumsi bahan bakar WLTP yang irit, yakni 4,3 liter per 100 km.

Toyota Yaris Hybrid EcoVanToyota Yaris Hybrid EcoVan Foto: Pool (Toyota/Motor1)

Soal harga, untuk tipe Toyota Yaris ECOVan Business Plus dijual mulai dari 23.373 euro (Rp 397 juta). Sementara pada varian Active Tech dihargai dengan harga 24.498 Euro (Rp 416 juta).

Namun sayang, Toyota Yaris Hybrid ECOVan ini baru tersedia di Spanyol saja. Namun tidak menutup kemungkinan akan hadir di sejumlah negara Eropa lainnya.



Simak Video "Diskon PPnBM 100% Diperpanjang, Segini Harga Mobil Baru Toyota"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)