Wuling Mau Bikin Mobil Listrik di Indonesia, Mini EV di Bawah Rp 100 Juta Jadi Kenyataan?

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 30 Jul 2021 18:09 WIB
Wuling Hong Guang Mini EV Macaron
Mobil mini EV produksi Wuling di bawah Rp 100 juta mungkin benar akan masuk Indonesia (Dok. Wuling)
Jakarta -

Di tengah rumor kedatangan mobil listrik Wuling Hong Guang Mini EV. Pabrikan asal Tiongkok itu disebut bakal memproduksi mobil listrik di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier dalam diskusi virtual yang diselenggarakan dalam Forum Energizing Indonesia (FEI) Rabu (28/7/2021).

Taufiek mengungkapkan jika populasi mobil listrik di Indonesia saat ini terbilang kecil. Untuk mobil saja berada di angka 400-an unit, saat ini belum ada pabrikan mobil yang memproduksi mobil listrik di Indonesia.

"Saat ini yang ramai di media sosial, seolah-olah mobil listrik sudah beredar banyak di Indonesia tapi nanti akan saya tunjukkan datanya seberapa banyak sebetulnya mobil listrik di Indonesia," ujar Taufiek.

"Yang kita sudah ada sebetulnya (produksi, Red) sepeda motor listrik sekitar 21 perusahaan, dan 3 bus listrik yang sudah bisa dibuat di Indonesia," sambung Taufiek.

Hyundai jadi satu-satunya pabrikan non Jepang yang bersiap untuk memproduksi mobil listrik di Indonesia. Seperti diketahui, pabrikan asal Korea Selatan ini juga sudah memasarkan line up mobil listrik andalannya, Ioniq dan Kona EV.

"Tapi untuk (produksi) mobil listrik baru akan 2022 itu nanti Hyundai akan bangun di sekitar Cikarang, dan nanti akan masuk juga beberapa pabrikan seperti Wuling itu juga masuk di sini," tambah dia.

Lanjut Taufiek menjelaskan pemerintah sudah memberi payung investasi mobil listrik dengan dihadirkannya insentif fiskal dan non fiskal asalkan pabrikan bisa memproduksi di Indonesia. Aturan itu tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik.

"Tentunya kami akan mendorong industri di Indonesia bisa menggunakan kesempatan ini karena policy pemerintah sudah mendukung untuk itu melalui Perpres 55 tahun 2019, untuk percepatan daripada penggunaan mobil listrik. Di situlah TKDN kita unggulkan sehingga apapun yang dihasilkan betul-betul dihasilkan dalam negeri," jelas Taufiek.

Wuling Mini EV diduga sudah hadir di Indonesia

Mobil listrik mungil nan murah Wuling diduga sudah masuk ke Indonesia. Hal ini terlihat dari video berdurasi 4 menit 33 detik yang sebelumnya beredar diunggah oleh akun YouTube Lukman Avengers pada Senin (26/7). Terlihat sebuah mobil compact yang mirip dengan Wuling Hong Guang Mini EV.

Pengunggah video juga mendekati data kendaraan tersebut yang menempel pada kaca mobil. Informasi yang tertulis mobil tersebut dikirim dari Xinsha, sebuah pelabuhan yang terletak di Provinsi Guangdong, China.

Data lain yang terlihat ialah kode VINLK6ADAE18NV283766, sementara modelnya ialah E50 EV. Terlihat juga mobil kuning dengan label Macaron. Seperti diketahui Wuling Hong Guang Mini EV hadir dengan versi baru pada April lalu, namanya Macaron.

Namun tim media relation Wuling belum merespon terkait kehadiran Wuling Hong Guang Mini EV tersebut.

Rencana elektrifikasi Wuling

Rencana elektrifikasi Wuling di Indonesia sudah mulai terdengar sejak tahun 2019. Kala itu Menteri Perindustrian yang dijabat oleh Airlangga Hartarto menyebut Wuling sudah memiliki roadmap kendaraan listrik.

"Dalam roadmap tadi saya lihat ada kendaraan berbasis Plug-in EV, tulisannya saya perhatikan di situ ditulis 2020. Walaupun presiden direktur (Xu Feiyun) belum lapor," kata Airlangga di Cikarang, Rabu (25/9/2019).

Sementara itu Presiden Direktur PT SGMW Motor Indonesia, Xu Feiyun mengatakan masih menunggu kejelasan aturan dari kendaraan listrik baik untuk dalam negeri dan ekspor ke mancanegara.

"Yang paling penting ini masih berhubungan dengan regulasi pemerintah terkait mobil listrik di Indonesia. Setelah kita tadi berbincang dengan menteri, sebenarnya dari menteri sendiri juga mendukung untuk bagian parts mobil listrik. Tapi untuk keseluruhan produknya kami Wuling sudah siap," tutur Xu Feiyun kala itu.



Simak Video "Mobil Listrik Murah dari Wuling Laku Keras di China, Hajar Penjualan Tesla"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)