Mobil Listrik Wuling di Bawah Rp 100 Juta Sudah Masuk ke Indonesia?

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 28 Jul 2021 14:32 WIB
Jakarta -

Mobil listrik mungil nan murah Wuling yang berhasil mengalahkan penjualan Tesla di China, diduga sudah masuk ke Indonesia. Benarkah demikian?

Sebuah video berdurasi 4 menit 33 detik beredar yang diunggah oleh akun YouTube Lukman Avengers pada Senin (26/7). Terlihat sebuah mobil compact yang mirip dengan Wuling Hong Guang Mini EV.

Pengunggah video juga mendekati data kendaraan tersebut yang menempel pada kaca mobil. Informasi yang tertulis mobil tersebut dikirim dari Xinsha, sebuah pelabuhan yang terletak di Provinsi Guangdong, China.

Data lain yang terlihat ialah kode VINLK6ADAE18NV283766, sementara modelnya ialah E50 EV, yang ditulis dalam lamanMarklines merupakan Wuling Hong Guang MINI EV. Sementara bobotnya mobil ini mencapai 700 kg dengan dimensi panjang 2.920 mm, lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm.

Gambar lain juga diperlihatkan mobil kuning dengan label Macaron. Seperti diketahui Wuling Hong Guang Mini EV hadir dengan versi baru pada April lalu, namanya Macaron. Mobil listrik mungil ini tersedia dalam tiga warna baru, bernama Avocado Green, Lemon Yellow dan White Peach Pink, yang dikembangkan bekerja sama dengan Pantone Universe, dan dengan atap warna solid.

Wuling Hong Guang Mini EV Macaron itu juga mendapat fitur keselamatan tambahan, seperti airbag standar untuk pengemudi, anti-lock braking system (ABS) dengan electronic brake-force distribution (EBD), pemantauan pejalan kaki kecepatan rendah dan sistem pemantauan tekanan ban, kamera mundur dan sensor parkir belakang.



Di China, Wuling Hong Guang Mini EV ini dibanderol RMB 37.600 hingga RMB 43.600. Jika dirupiahkan dengan kurs hari ini, harga mobil ini Rp 83,8 juta sampai Rp 97,2 juta. Murah kan?

Rekaman lain juga menunjukkan interior dari dalam mobil. Secara garis besar desain sama dengan MINI EV yang sudah dirilis di China. Sementara posisi setirnya juga terlihat masih berada di sebelah kiri.

"Ini setirnya ada di sebelah kiri," tutur seorang pria di dalam video saat masuk ke kabin.

Saat dikonfirmasi ke tim komunikasi Wuling Motors Indonesia dan Media Relation Wuling, Brian Gomgom, hingga berita ini diturunkan pihak terkait belum merespons pertanyaan mengenai kehadiran Wuling Hong Guang Mini EV di Tanah Air.

Kilas balik pada 2018 lalu, Wuling pernah memajang mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang menjadi cikal bakal Almaz. Namun mobil berbasis Baojun 530 yang langsung dibawa dari China saat itu belum dijual, setirnya pun masih berada di sebelah kiri.

Baru kemudian, Wuling melepas Almaz yang posisi setirnya sudah berada di sebelah kanan, plus juga sudah diproduksi lokal pada Januari 2019.

Akankah Wuling Hong Guang Mini EV ini juga dipajang dalam arena GIIAS mendatang yang dijadwalkan pada November 2021, lalu dijual untuk konsumen Indonesia? kita tunggu saja kiprah dari Wuling ini.

[Gambas:Youtube]



(riar/din)