Pabrik Honda Civic Type R Resmi Tutup Setelah 36 Tahun, Segini Peminatnya di RI

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 30 Jul 2021 06:48 WIB
Honda Civic Type R terbaru
Honda Civic Type R Foto: Honda Prospect Motor
Jakarta -

Fasilitas produksi mobil Honda di Swindon, Wiltshire, Inggris akan berhenti beroperasi pada Jumat (30/7/2021). Pabrik tersebut juga memproduksi Honda Civic Type R yang diimpor ke Indonesia.

Salah satu raksasa otomotif ini bakal meninggalkan kota tersebut setelah 36 tahun memproduksi mobil. Khusus Honda Civic Type R sudah 160.000 unit. Fasilitas di Swindon merupakan satu-satunya pabrik Honda di Uni Eropa.

Penutupannya pabrik ini bukanlah hal baru. Pada awal 2019, Honda mengumumkan bahwa pabrik Swindon, bersama dengan fasilitas lain di Turki, akan berhenti beroperasi pada tahun 2021. Pembuat mobil tersebut mengatakan keputusan untuk menutup pabrik adalah mempercepat komitmennya terhadap model listrik dan elektrifikasi.

"Banyak perubahan yang mempengaruhi industri ini. Keputusan vital kami harus segera menyambut produk elektrik dan merestrukturisasi operasi global dengan tepat. Hasilnya, kami harus mengambil keputusan berat ini," kata bos Honda di Eropa, Katsushi Inoue kala itu.

Mencuplik Autoindustriya, Kamis (29/7/2021) Pabrik Honda Swindon bisa memproduksi mobil150.000 unit per tahun. Namun selain kendaraan sehari-hari, seperti Civic dan CR-V, pabrik Swindon terkenal membangun model Civic Type R.

Fasilitas tersebut mulai membangun model Civic Type R pada tahun 2001 ketika Civic Type R generasi kedua (EP3) diperkenalkan. Ya, bahkan EP3 spesifikasi Jepang dibuat di pabrik Inggris dan dikirim ke Jepang sesudahnya. Diikuti oleh FN2 Civic Type R (FD2 adalah model Jepang), FK2 generasi sebelumnya, dan FK8 generasi sekarang.

Dengan ditutupnya pabrik Swindon, pertanyaannya sekarang, di mana Honda akan membangun Civic Type R yang baru?

Salah satu lokasi yang paling mungkin di mana Civic Type R baru dapat dibangun adalah di AS. Kemungkinan lain diproduksi di Jepang. Jika benar, itu akan menjadi model Civic Type R baru pertama yang diproduksi di Jepang setelah FD2R pada tahun 2010.

Sebagai informasi, Civic Type R didatangkan Honda Prospect Motor (HPM) secara CBU dari Inggris sejak pertengahan tahun 2017 lalu. Pada awalnya, HPM mendatangkan 50 unit Civic Type R dan cukup diminati konsumen di Indonesia.

Dalam data yang disampaikan Desember 2019 lalu, Honda Prospect Motor (HPM) menyebut Civic Type R sendiri sudah terjual 119 unit sejak diluncurkan pada 2017 lalu. Sementara khusus penjualan Civic Type R pada 2019 terjual sebanyak 14 unit.

Lanjut di tahun 2020, mobil yang diimpor utuh dari Inggris ini terjual 7 unit. Honda kemudian menyegarkan Honda Civic Type R yang dibanderol Rp 1.177.000.000 pada Mei 2021. Sementara akumulasi peminat mobil ini di sepanjang Januari - Juni 2021 ialah 7 unit.



Simak Video "Ada Orang Indonesia Ikut Jadi Desainer Honda N7X"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)