Nissan Terra Terbaru Debut di Asia Tenggara Bulan Depan, Tantang Pajero Sport-Fortuner

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 27 Jul 2021 07:39 WIB
Nissan Terra minor change tahun 2021
Nissan Terra Foto: Nissan
Jakarta -

Setelah melakukan debut di Timur Tengah tahun lalu, X-Terra, atau penyegaran dari Nissan Terra akan diluncurkan pertama kali di Asia Tenggara pada 19 Agustus 2021.

Thailand jadi negara pertama di Asia Tenggara yang menjadi tempat perilisan Nissan Terra model 2021 ini. Dikutip dari Headlightmag, Senin (26/7/2021) Nissan Terra terbaru bakal memiliki kemiripan dengan X-Terra di Timur Tengah.

Jika merujuk pada penampilan X-Terra yang ada di Timur Tengah, maka perubahan dari Nissan Terra mulai dari tampilan depan, buritan, buntut belakang hingga interior.

Misalnya saja pada bagian depan, Terra minor change sekarang menggunakan grille V-Motion, ini merupakan bahasa desain yang juga digunakan pada Nissan Livina.

Nissan Terra minor change tahun 2021Nissan Terra minor change tahun 2021 Foto: Nissan

Sementara bagian kabinnya, Terra sudah dibekali kontrol iklim otomatis zona ganda, layar sentuh infotainment baru berukuran 9 inch, dan setir berbentuk D. Desain interiornya sudah tak lagi seperti mobil double cabin Navara. Pada Terra generasi anyar ini memilik desain ventilasi AC baru, panel instrumen, hingga konsol tengah yang lebih segar.

Nissan Terra minor change tahun 2021Nissan Terra Foto: Nissan

Selain itu Nissan Terra juga dibekali fitur keamanan dan keselamatan di antaranya Forward Collision Warning, Cruise Control, kamera 360, Hill Start Assist, Lane Departure Warning, Blind Spot Warning, High Beam Assist, Emergency Braking, dan 6 airbag.

Belum diketahui spesifikasi dari balik bonetnya, namun Terra di Thailand kemungkinan datang dengan mesin diesel 2.3 liter twin-turbo. Mesin tersebut juga ditemukan pada model Nissan Navara di Thailand yang bisa memuntahkan tenaga 190 PS dan torsi 450 Nm. Tenaga tersebut dikawinkan dengan 7-percepatan otomatis dengan dua pilihan penggerak: RWD atau 4WD.

Dengan bekal tersebut Nissan Terra bakal bertarung melawan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner yang sudah disegarkan pada tahun sebelumnya. Tapi apakah bakal masuk Indonesia juga?

Seperti diketahui Nissan Terra menghilang dari situs resmi Nissan Indonesia sejak awal tahun 2021. Namun Head of Marketing-Communication Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI), Julian Olmon tidak menyatakan jika Nissan Terra disuntik mati penjualannya di Indonesia. Pun apakah pihak NMDI bakal kembali menyuplai Nissan Terra pada tahun 2021.

"Kami sedang pelajari kemungkinannya (memasarkan NissanTerra ke Indonesia lagi)," kata Julian saat dihubungi detikcom beberapa waktu yang lalu.



Simak Video "Tantang Pajero dan Fortuner, Nissan Terra Terbaru Hadir di Asia Tenggara"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)