Dihantui Krisis Chip hingga Pandemi COVID-19, Penjualan Porsche Tetap Moncer

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 25 Jul 2021 10:45 WIB
Produksi seri Macan terbaru telah dimulai di situs Leipzig, dengan kendaraan pelanggan pertama berhasil melewati Body shop, Paint shop dan di sepanjang jalur perakitan. Bagian-bagian pabrik diadaptasi khusus untuk model
Ilustrasi aktivitas di pabrik Porsche Foto: Porsche
Jakarta -

Pabrikan mobil mewah, Porsche mengalami peningkatan penjualan di sepanjang Januari - Juni 2021 dengan total mengirimkan 153.656 unit mobil di dunia. Meski dunia tengah dilanda pandemi COVID-19 dan ketidakpastian pasokan komponen semikonduktor, rekor baru ini bahkan lebih baik dibandingkan periode yang sama pada tahun 2020 yakni 116,964 unit.

Model yang paling sukses memikat masyarakat dunia adalah Cayenne, dengan pengiriman 44.050 unit - dua belas persen lebih banyak dari tahun lalu. Sementara Porsche Macan berada di posisi kedua dengan 43.618 pelanggan menerima pengiriman di semester pertama, meningkat 27 persen.

Model lain seperti Porsche 911 terkirim 20.611 dan peningkatan 22 persen, 718 Boxster dan 718 Cayman sebanyak 11.922 unit dikirim ke pelanggan (penambahan 33 persen). Untuk Panamera, dikirim sebanyak 13.633 kendaraan atau meningkat enam persen.

"Kami sangat senang dengan tingginya tingkat permintaan untuk mobil sport kami - peningkatan pengiriman pada paruh pertama tahun ini berada di atas pasar secara keseluruhan," kata Detlev von Platen, Anggota Dewan Eksekutif untuk Penjualan dan Pemasaran di Porsche AG dalam keterangan resmi yang diterima detikcom.

Tidak hanya mobil internal combustion engine, Porsche juga mencatatkan penjualan manis bagi line up mobil listriknya. Taycan all-electric berhasil terkirim 19.822 unit di semester pertama 2021.

"Tingkat elektrifikasi tumbuh di semua wilayah. Perkembangan ini menegaskan jalan yang telah kami ambil dengan strategi penggerak kami. Di Eropa, sekitar 40 persen mobil yang saat ini dikirim memiliki motor listrik - baik listrik murni atau hibrida plug-in. Prioritas tertinggi kami adalah terus memenuhi impian pelanggan kami," sambung dia.

Wilayah penyumbang penjualan Porsche

Amerika Serikat mencapai pertumbuhan yang sangat kuat bagi Porsche dengan peningkatan sebesar 50 persen: 36.326 kendaraan dikirim ke sana. China tetap menjadi pasar tunggal terbesar dengan 48.654 pelanggan menerima pengiriman Porsche mereka di paruh pertama tahun ini. Meski basisnya relatif kuat di tahun sebelumnya, pabrikan mobil sport itu mencatatkan peningkatan sebesar 23 persen. Permintaan mobil sport dua pintu khususnya baru-baru ini tumbuh secara signifikan di China. Sebanyak 2.324 unit model 911 dikirimkan antara Januari dan Juni, 83 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Pengiriman di Asia-Pasifik, Afrika dan Timur Tengah meningkat seperempat secara keseluruhan: 69.198 mobil sport dikirim ke pelanggan di wilayah tersebut.

Pasar Porsche Asia Pasifik secara khusus mencapai pertumbuhan 87 persen, merupakan rekor kinerja pada paruh pertama tahun ini untuk wilayah penjualan. Peningkatan tersebut terjadi di kelas elektrifikasi, sebab 47 persen dari semua unit yang dikirim adalah kendaraan listrik seutuhnya atau plug-in hybrid. Selain itu, 70 persen pelanggan yang memiliki Taycan all-electric adalah pelanggan baru di Porsche.

Di Eropa, Porsche juga mencatatkan peningkatan sebesar 25 persen dengan pengiriman 40.435 unit. Di Jerman, pertumbuhan 22 persen terealisasi - sebanyak 13.094 kendaraan dikirim ke Jerman dalam enam bulan pertama tahun ini.

"Setelah setengah tahun pertama 2021 yang intensif, kami dapat melaporkan hasil yang sangat positif," kata Detlev von Platen.

"Order books kami penuh. Pada saat yang sama, kami menyadari ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi Corona dan situasi pasokan semikonduktor. Kami terus mencermati situasi secara keseluruhan sambil mempertahankan sikap optimis kami," ujar dia.



Simak Video "Cek Harga Mobil Mewah Bekas"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)