Sederet Fakta Nissan March Arief Muhammad yang Laku Dilelang Rp 500 Juta

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 20 Jul 2021 11:31 WIB
Arief Muhammad lelang Nissan March
Foto: Screenshot Instagram @ariefmuhammad. Arief Muhammad lelang Nissan March.
Jakarta -

Arief Muhammad melelang Nissan March miliknya yang baru selesai direstorasi. Konten kreator yang juga pengusaha itu sukses menjualnya di angka sangat fantastis, mencapai setengah miliar rupiah. Berikut lima fakta Nissan March Arief Muhammad yang laku dilelang Rp 500 juta.

1. Dibeli dari Korban Pinjaman Online

Dalam tayangan video di akun YouTube pribadinya, Arief Muhammad menjelaskan jika Nissan March tersebut dibeli dari salah seorang followers-nya yang sedang mengalami kesulitan finansial akibat terlilit hutang pinjaman online (pinjol).

"Jadi beberapa waktu lalu gue dapat DM (Direct Message) dari orang yang curhat kalau misalnya dia terjerat hutang pinjaman online, lalu dia minta tolong ke gue. Biasanya, DM-DM kayak gitu nggak gue hiraukan karena terlalu banyak karena tiap hari minimal gue nerima puluhan chat kayak gitu. Cuma entah kenapa yang satu ini kayak terlihat tulus aja. Dari chat dia, cerita dia. Dia cerita sampai rumah tangganya berantakan di ujung tanduk segala macam gara-gara itu, dan dia mau keluar dari hutang online. Dia punya harta satu-satunya mobil, dan dia mau jual mobil itu. Jadi gue pikir, ya udah deh gue bantu aja karena kayaknya yang satu ini jujur," ungkap Arief, seperti dilihat detikOto di tayangan video kanal YouTube Arief Muhammad, yang diunggah pada 13 Juli 2021.

Arief Muhammad lelang Nissan MarchArief Muhammad lelang Nissan March Foto: Screenshot Instagram @ariefmuhammad

2. Pajak Mati Lima Tahun

Dalam sebuah unggahan di instastory pribadinya, Arief juga menjelaskan jika pajak Nissan March tersebut sudah mati lima tahun. Namun hal tersebut tidak mengurangi minat para peserta lelang.

3. Kondisi Mobil Tidak Terawat Saat Pertama Kali Dibeli

Arief mengatakan jika mobil tersebut merupakan Nissan March buatan 2013 dengan kondisi mobil sudah dipakai selama 4 tahun. Arief juga berkata jika mobil ini merupakan mobil bekas paling tidak terawat yang pernah dia beli.

Adapun kondisi eksteriornya sangat buruk, dengan bemper yang hampir copot dan diikat tali, lampunya pun menguning, banyak baret, pernah nyerempet, hingga bannya yang benjol-benjol.

Selain itu, di pintunya ada penyok, spion pernah tersenggol, karet-karet getas, tutupan tangki bensin tidak presisi. Setali tiga uang, kondisi interiornya pun disebut teramat jorok, banyak abu rokok dan kotoran makanan di dalam kabinnya. Namun untuk kondisi mesinnya sendiri, disebut masih bagus.

Meski kondisi Nissan March itu banyak minusnya, Arief mengaku membeli mobil tersebut, dengan harga normal sesuai pasaran.

4. Mobil Direstorasi Jadi Seperti Baru

Setelah unitnya diterima, Arief Muhammad merestorasi atau mengembalikan kondisi Nissan March tersebut ke semula, seperti mobil yang baru keluar dari dealer.

Sejumlah perbaikan pun dilakukan, seperti memperbaiki kaki-kaki, roda, pengecatan ulang, hingga perbaikan eksterior dan pembersihan interior, sehingga mobil ini tampil mulus kembali seperti mobil baru.

Arief Muhammad lelang Nissan MarchArief Muhammad lelang Nissan March Foto: Screenshot Instagram @ariefmuhammad

5. Dilelang dan Laku di Angka Rp 500 Juta

Atas saran dari warganet, Arief Muhammad melelang Nissan March tersebut melalui akun Instagram pribadinya. Beberapa nama beken di jagat media sosial pun turut berpartisipasi, seperti Crazy Rich Gilang Widya Pramana dan Indra Kenz, lalu ada Doni Salmanan yang baru-baru ini viral gara-gara aksi sosialnya membagi-bagi uang di masa PPKM Darurat, serta ada nama bos PS Store, Putra Siregar.

Orang yang pertama menawar mobil ini adalah Gilang Widya Pramana. Bos Juragan 99 Corp. itu melontarkan tawaran sebesar Rp 150 juta. Tak ingin kalah, Indra Kenz lalu memberi penawaran lebih tinggi, yakni Rp 188 juta. Gilang pun menaikkan kembali tawarannya jadi Rp 250 juta. Selanjutnya, bos @fishkinianofficial menimpalinya dengan tawaran Rp 290 juta.

Tawaran kembali datang, kali ini dari bos @komunitasbisaekspor yang memasang angka Rp 310 juta. Selanjutnya, tawaran itu pun kembali dikalahkan oleh Gilang Widya Pramana yang menaikkan angka penawarannya jadi Rp 350 juta.

Selanjutnya giliran Doni Salmanan yang menawar di angka Rp 400 juta. Dan ditimpali lagi oleh Gilang Widya Pramana dengan angka Rp 450 juta. Bos PS Store pun ikut meramaikan lelang ini dengan penawaran Rp 460 juta.

Penawaran tertinggi Nissan March Arief Muhammad akhirnya dilontarkan oleh pengusaha Mochamad Chandra Kurniawan. Ia memasang harga di angka Rp 500 juta.

"Selamat bro @charock_crk udah menangin Nissan March di angka Rp 500.000.000," tulis Arief Muhammad di unggahan instastory-nya.

Tonton video 20Detik terkait Arief Muhammad di sini:

[Gambas:Video 20detik]



(lua/riar)