Mobil Listrik Mungil Berkonsep Modular Ini Siap Dijual Seharga Rp 300 Jutaan

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 16 Jul 2021 18:46 WIB
Mobil listrik berkonsep modular, XBUS
Foto: Carscoops. Mobil listrik berkonsep modular, XBUS.
Jakarta -

Perusahaan asal Jerman, Electric Brands, siap memasarkan produk mobil listrik terbaru mereka, XBUS pada 2022 mendatang. Mobil listrik mungil tersebut mengusung konsep modular dan akan dijual dengan kisaran harga mulai € 18.070 atau setara Rp 308 juta.

Dikutip dari Carscoops, XBUS merupakan kendaraan listrik ringan dengan bodi modular yang dapat dikonfigurasi menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Mobil ini memiliki ukuran panjang 3.640 mm x lebar 1.600 mm x tinggi 1.940 mm. Mengingat ukurannya yang mungil, muatan XBUS dibatasi hingga 450-600 kg untuk mengangkut barang. Mobil listrik modular ini bisa menampung kapasitas hingga empat penumpang.

Mobil listrik berkonsep modular, XBUSMobil listrik berkonsep modular, XBUS Foto: Carscoops

Fitur unggulan dari mobil listrik XBUS apalagi kalau bukan desain modularnya. XBUS memiliki 10 bagian bodi modular, yang dapat diubah menjadi berbagai konfigurasi mobil, seperti mobil van penumpang, pikap, pikap wagon, konvertibel, hingga campervan. Menariknya lagi, XBUS hadir dengan spesifikasi off-road dengan penggunaan ban all-terrain (AT) dan ground clearance lebih tinggi, dipadu penggerak all-wheel drive.

Bagian interior mobil ini bernuansa sederhana, dengan dasbor minimalis dikombinasi headunit layar sentuh, dua slot USB speaker, dan juga tombol-tombol untuk pengaturan transmisi.

Bicara jantung pacu, XBUS hadir dengan baterai standar 10 kWh, yang memungkinkan mobil ini menjangkau jarak 200 km (124 mil). Namun, jika itu tidak cukup, konsumen bisa meng-upgrade baterainya ke kapasitas 30 kWh, yang bisa meningkatkan jangkauan jarak tempuh hingga 600 km (373 mil).

Mobil listrik berkonsep modular, XBUSMobil listrik berkonsep modular, XBUS Foto: Carscoops

Mobil listrik ini menggunakan penggerak empat roda, yang menghasilkan gabungan tenaga 20 hp (15 kW/20 PS) daya tenaga puncak 75 hp (56 kW/76 PS). Sementara untuk torsinya, mencapai lebih dari 1.000 Nm (738 lb-ft).

Di Jerman, mobil listrik XBUS dijual mulai € 18.070 atau setara dengan Rp 308 juta. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, produksi XBUS akan dimulai pada pertengahan 2022 di Itzehoe, Jerman.

(lua/din)