Land Rover Bakal Uji Defender Hidrogen Akhir Tahun Ini

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 18 Jun 2021 19:51 WIB
Land Rover Defender memenangi penghargaam desain mobil terbaik 2021
Ilustrasi Land Rover Foto: landrover.com
Jakarta -

Produsen mobil asal Inggris Land Rover mengungkapkan keinginan untuk memiliki pilihan mobil hidrogen, serta memulai produksi dan menjualnya. Tak butuh waktu lama, mobil hidrogen pertama mereka diperkenalkan dalam model Defender akan dibangun protoype-nya pada akhir 2021.

Dikutip dari motortrend, meski kendaraan hidrogen masih abstrak alias masih sulit diwujudkan, Land Rover menyatakan keseriusannya untuk bisa benar-benar memproduksi dan menjual mobil hidrogen. Karena sangat tamah lingkungan dan tidak memiliki emisi gas buang berbahaya, bahkan emisi gas buangnya hanya air, kendaraan yang ditenagai hidrogen punya daya tarik besar untuk terus dikembangkan.

Malah kendaraan yang ditenagai hidrogen dianggap sebagai kendaraan paling ideal di masa depan.

Geral cepat Land Rover untuk membuat prototype mobil hidrogen melalui Defender terkait dengan rencana mereka menjadikan seluruh model Jaguar menjadi bertenaga listrik pada 2025.

Land Rover ngebet kenalkan mobil hidrogenLand Rover ngebet kenalkan mobil hidrogen Foto: dok. Land Rover/Motortrend

Land Rover menganggap mobil hidrogen sebagai teknologi pelengkap kendaraan BEV (Baterry Electric Vehicle). Artinya mobil hidrogen Land Rover tetap akan menggunakan tenaga listrik dari baterai sebagai penggerak.

Untuk diketahui, Hydrogen fuel cell electric vehicles (FCEVs), alias kendaraan listrik berbahan bakar hidrogen, punya keuntungan lebih besar dibanding kendaraan listrik konvensional. Pengisian bahan bakar hidrogen cuma butuh hitungan menit. Masih unggul jauh dibanding mobil listrik bahkan dengan teknologi fast charging sekalipun.

Selain itu baterai tempat penyimpanan energi yang dihasilkan oleh hidrogen juga lebih ringan dibanding baterai kendaraan listrik konvensional. Itu terjadi karena energi dari hidrogen bisa dikompresi.

Kabarnya Land Rover akan meluncurkan prototype mobil hidrogen ini dalam waktu dekat. Ini menunjukkan keseriusan Land Rover untuk bisa mewujudkannya.

Land Rover Defender memenangi penghargaam desain mobil terbaik 2021Land Rover Defender memenangi penghargaam desain mobil terbaik 2021 Foto: landrover.com


Simak Video "Penjualan Stagnan, Ini Pabrikan Mobil Terlaris di Semester I 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)