BMW Seri 4 Meluncur di Indonesia, Ini Dua Tipe Dijual Mulai Rp 1,399 Miliar

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 18 Jun 2021 07:37 WIB
BMW Seri 4 resmi meluncur di Indonesia (17/6/2021)
Foto: Luthfi Anshori/detikOto. BMW Seri 4 resmi meluncur di Indonesia (17/6/2021).
Jakarta -

BMW Seri 4 akhirnya meluncur di Indonesia. Model ini diperkenalkan dalam dua varian, Coupé dan Convertible. BMW Seri 4 2021 hadir dengan teknologi sasis terbaru yang didesain khusus untuk memberikan pengalaman berkendara khas Sheer Driving Pleasure, dinamis dan nyaman.

"Dengan desain yang terinspirasi mobil klasik legendaris, seperti BMW 328 dan BMW 3.0 CS, perlihatkan sejarah panjang dan kesuksesan model Coupé dari brand BMW. Pelanggan BMW Seri 4 terbaru lebih ekstrovert daripada pelanggan BMW Seri 3, dan mencari sesuatu yang luar biasa. Ditujukan untuk mereka yang memiliki ekpektasi tinggi untuk sebuah sedan sport," ungkap President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan, dalam sambutannya, Kamis (17/6/2021).

BMW Seri 4 resmi meluncur di Indonesia (17/6/2021)BMW Seri 4 resmi meluncur di Indonesia (17/6/2021) Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Secara tampilan, fascia depan The New 4 dibekali kidney grille yang besar berbentuk vertikal. Desain grill terbaru The New 4 ini dibawa terinspirasi dari model legendaris, seperti BMW 328 dan BMW 3.0 CSi, namun pada Seri 4 memiliki karakter modernnya tersendiri, khususnya dengan opsional M Shadowline with extended contents, yang menjadi standar dan membuat karakternya semakin kuat.

Secara dimensi, antara Coupé dan Convertible memiliki ukuran identik, yakni panjang 4.768 mm, lebar 1.852 mm, dan tinggi 1.383 mm, membuat kedua kendaraan ini jadi semakin proporsional. Khususnya dengan tinggi yang turun 57 mm jika dibandingkan dengan BMW Seri 3, sehingga membuat atribut koefisien drag semakin tajam hingga 0,28.

BMW Seri 4 resmi meluncur di Indonesia (17/6/2021)BMW 430i Coupé Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Pada BMW 430i Coupe, varian terbaru dari divisi Motorsport BMW ditawarkan; BMW 430i Coupé M Sport Pro. Varian M Sport Pro yang ditawarkan untuk model BMW untuk pertama kalinya tingkatkan intensitas kenikmatan berkendara. Dibutuhkan fitur model BMW M Sport dan menambahkan item termasuk velg 19-inci BMW M light-alloy wheels, transmisi Steptronic Sport 8-percepatan, spoiler belakang, soundtrack sporty, yang dimasukkan ke dalam kabin dan sistem Harman Kardon surround sound system.

Sementara pada varian atap-terbuka, BMW 430i Convertible M Sport hadir dengan desain elegan, namun tetap memiliki cita rasa sporty yang kental. BMW 430i Convertible M Sport hadir dengan pilihan warna eksklusif San Remo Green Metallic, velg individual 19 inchi BMW Individual wheels double-spoke style 793, dan atap kain yang hadir dengan desain terbaru yang diklaim bisa meminimalisir kebisingan.

Sisi samping mobil ini hadir dengan desain tajam, overhang pendek, pilar ramping, pintu panjang dengan jendela tanpa bingkai, grafik jendela ramping dan garis atap yang mengalir menonjolkan penampilannya yang elegan. Mobil ini memiliki bahu berotot menonjolkan perawakannya yang kuat. Pada bodi model Convertible, desain atap soft-top nya membuat desain samping The New 4 terlihat lebih sporty dan elegan.

BMW Seri 4 resmi meluncur di Indonesia (17/6/2021)BMW 430i Convertible M Sport Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Desain Interior dan Konektivitas

Kedua mobil ini dilengkapi sports seats dan sports leather steering wheel sebagai standar. Lalu ada juga display cluster consisting of a fully digital 12.3" instrument display and a high-resolution 10.25". Control Display di BMW Seri 4 hadir dengan visualisasi 3D dari BMW Live Cockpit Professional dan ragam metode input seperti touch-screen, gesture control, dan kontrol suara. Tombol start/stop untuk mesin sekarang diposisikan di central console. Pada kursi belakang model khusus dengan sandaran kepala integral dan karakter kursi individu yang menonjol telah dirancang untuk menampung dua penumpang.

Fitur BMW Live Cockpit Professional hadir dengan integrasi smartphone yang dioptimalkan. Bersamaan dengan Apple CarPlay dan Android Auto yang dapat terhubung secara nirkabel. Untuk pertama kalinya juga Remote Engine Start hadir sebagai fitur standar di BMW Seri 4. Pilihan sistem bantuan pengemudi yang jauh lebih luas dibandingkan dengan generasi BMW Seri 4 juga turut hadir. Park Distance Control di depan dan belakang. Selain itu fitur pemandu parkir seperti Parking Assistant dan Reversing Assistant juga turut menjadi penawaran utama di The New 4.

Baik BMW 430i Coupe M Sports Pro dan BMW 430i Convertible M Sport dilengkapi mesin yang identik, yakni 4-silinder, 2.0 liter BMW TwinPower Turbo yang menghasilkan tenaga 258 dk dan torsi maksimum hingga 400 Nm. Dengan transmisi Sports Steptronic 8-percepatan, kedua kendaraan ini dapat mencapai 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,8 detik untuk Coupe dan 6,2 detik untuk Convertible.

BMW Seri 4 resmi meluncur di Indonesia (17/6/2021)Mesin 4-silinder, 2.0 liter BMW TwinPower Turbo Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Ketersediaan dan Harga

BMW Seri 4 akan tersedia di dealer resmi BMW mulai hari ini (17/6/2021). Lalu berapa harga BMW Seri 4? New BMW 430i Coupe M Sports Pro dijual dengan harga Rp. 1.399.000.000, - off-the-road. Sedangkan, New BMW 430i Convertible M Sport ditawarkan dengan harga Rp. 1.529.000.000,-off-the-road.

Terdapat pula BMW Service Inclusive, yakni sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km, mana saja yang lebih dulu, dan juga mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh. Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun, yang mencakup 100% biaya penggantian hingga 4 ban selama periode garansi.

Ini termasuk biaya ban dan tenaga kerja, selain mencakup kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, ban pecah dan ban robek, serta kerusakan yang diakibatkan oleh kendaraan yang terus melaju dengan ban kempes. Setiap ban yang rusak akan diganti dengan yang asli, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

BMW Seri 4 resmi meluncur di Indonesia (17/6/2021)Bagasi BMW Seri 4 Foto: Luthfi Anshori/detikOto
(lua/din)