Dealer Suzuki Galau, Belum Berani Umumkan Perpanjang Insentif PPnBM

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 14 Jun 2021 15:56 WIB
Guna memperluas jaringan dan meningkatkan bisnis Suzuki di tahun2016, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) meresmikan outlet terbaru Suzuki dengan fasilitas 3S (Sales, Service, Spareparts) terkini yang ke-298 secara nasional, Sumber Baru Mobil (SBM) Ringroad Selatan, Yogyakarta, Jawa Tengah di awal kuartal II tahun ini.
Ilustrasi Dealer Foto: Suzuki Indomobil Sales
Jakarta -

Pemerintah putuskan untuk memperpanjang diskon 100% pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) atau PPnBM 0% untuk pembelian mobil baru hingga Agustus 2021. Mulanya, PPnBM 0% ini hanya berlaku sampai akhir Mei 2021.

Kebijakan ini diperpanjang memiliki tujuan untuk membangkitkan gairah usaha di Tanah Air. Khususnya, untuk sektor industri yang berkontribusi pada perekonomian nasional.

Aturan kebijakan ini membuat sejumlah dealer perlu menyesuaikan ulang dengan pihak perusahaan dan pemerintah, seperti dialami oleh Suzuki. Salah satu staf penjualan di dealer mengatakan jika adanya peraturan ini perlu dibahas terlebih dahulu.

"Karena dari pihak Suzuki sendiri belum menyampaikan info lagi (mengenai perpanjangan diskon PPnBM 100%) sehingga kami belum bisa menyampaikan hal ini ke konsumen," kata salah satu staf penjualan saat dihubungi detikOto, Senin (14/06/2021).

Suzuki XL7 di Indonesia sudah berada di diler bilangan JakartaSuzuki XL7 di Indonesia sudah berada di diler bilangan Jakarta Foto: Suzuki XL7

Dengan beredarnya sejumlah informasi mengenai diskon PPnBM 100% diperpanjang, hal ini membuat sejumlah staf penjualan kebanjiran pertanyaan dari calon pembeli. Tak sedikit yang bertanya mengenai kepastian harga dan unit terkait relaksasi pajak tersebut.

"Sudah ada beberapa konsumen yang bertanya mengenai perpanjangan diskon PPnBM ini, ditambah lagi mereka menanyakan soal harga resmi setelah diskon 100% diterapkan lagi. Namun semua itu kan harus menunggu dari pihak Suzuki (Suzuki Indomobil Sales selaku Agen Pemegang Merek Suzuki di Indonesia) juga, jadi kami tidak bisa menyampaikan secara pasti," jelasnya.

Staf penjualan tersebut juga menyebut jika sejumlah unit mobil Suzuki yang mendapatkan relaksasi pajak harus inden. Dia mengingatkan kepada calon pembeli untuk sabar dan harus menunggu lama jika ingin mendapatkan mobil dengan diskon PPnBM.

"Penjualan mobil yang mendapat relaksasi PPnBM juga sekarang mengalami inden, khususnya Ertiga dan XL7 varian matic. Jadi konsumen yang ingin membelinya harus ekstra sabar karena unitnya susah sekali didapat," ungkapnya.



Simak Video "Diskon PPnBM 100% Diperpanjang, Segini Diskon Mobil Honda"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)