Akhirnya Ford Gunakan Platform VW Demi Mobil Listrik

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 12 Jun 2021 19:33 WIB
SUV Listrik Ford Mustang Mach E
Mustang Listrik Foto: Ford
Jakarta -

Era kendaraan listrik saat ini ikut mengubah sistem bisnis dunia otomotif, yang biasanya brand satu dengan lainnya menjadi pesaing ketat, kini pada era mobil listrik berbagai pabrikan menjadi rukun dan memilih bekerjasama. Seperti Ford dan Volkswagen Group yang bersama-sama membangun platform khusus mobil listrik.

Dikutip autocar, kolaborasi Ford dan Volkswagen Group mulai diperkenalkan pada 2023 dengan hadirnya Mustang Mach-E di Eropa. Langkah pasti Ford selanjutnya, produsen mobil dengan logo bulat biru ini hanya akan menjual mobil listrik di Eropa pada 2030.

Dikatakan mobil listrik Ford akan diproduksi di Cologne Jerman dengan menghabiskan dana hingga USD 1 miliar. Mobil yang akan diproduksi Ford pertama kali di Eropa ialah Fiesta Supermini yang akan mulai dijual 2024 atau 2025 mendatang.

Kemitraan Ford dan Volkswagen Group tidak akan berhenti sampai di situ, dua perusahaan beda benua ini akan ikut melahirkan kendaraan komersial listrik di Eropa.

Ford juga mengatakan akan melahirkan mobil listrik dengan dimensi Crossover ID 4, baik dari kapasitas baterai, tenaga dan tata letak driveline.

"Ford adalah satu-satunya brand Amerika Serikat yang memiliki sistem bisnis unik, banyak orang tertarik dengan beberapa karakteristik tersebut dan hanya Ford yang dapat mewujudkan hal tersebut," ujar petinggi Ford di Eropa, Stuart Rowley.

Namun hingga saat ini Ford masih enggan membocorkan seberapa tangguh mobil listrik yang akan ditawarkan Ford ke depan di Eropa.



Simak Video " Ford Mustang Mach-E, Si Gahar Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)