Honda Mobil Janji Penuhi Kebutuhan Konsumen Secepatnya

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 11 Jun 2021 18:55 WIB
Tol layang Japek (Jakarta-Cikampek) II sudah dibuka sejak minggu lalu. Namun dalam pelaksanaannya masih banyak pengendara mobil yang mengeluh. Hal utama yang dikeluhkan adalah kondisi aspal tol layang Japek yang bumpy atau tidak rata, sehingga membuat mual para pengendara dan penumpang mobil.
Ilustrasi Honda CR-V Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Kurangnya pasokan membuat konsumen harus bersabar untuk mendapatkan unit mobil baru yang masuk ke dalam program insentif PPnBM. Kendati demikian Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan terus berusaha untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen untuk bisa segera mendapatkan unit mobil baru.

"Sejak pandemi di 2020, kapasitas produksi kami turunkan mengikuti kondisi pasar sampai 50%. Sejak adanya relaksasi PPnBM, pasar terus membaik dan kami berusaha terus untuk dapat meningkatkannya secara bertahap agar dapat memenuhi permintaan konsumen secepat-cepatnya," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy kepada detikOto.

Lelaki yang disapa Billy ini mengatakan jika dalam keadaan normal, Honda mobil mampu memproduksi hingga 200.000 unit mobil terpasang per tahunnya.

Diler Terbesar di IndonesiaDiler Terbesar di Indonesia Foto: Ruly Kurniawan

"Sekarang produksi sudah secara penuh dilakukan dengan mengikuti prokes yang ada dan ketersediaan part dari pemasok, dengan kapasitas produksi terpasang kami 200 ribu setahun," ucap Billy.

"Itu kapasitas produksi terpasang, yah. Untuk mencapai angka itu perlu persiapan matang yang tentunya dengan melihat kesiapan banyak faktor seperti ketersediaan komponen dari pemasok yang tidak bisa naik secara mendadak (karena mereka perlu persiapan juga), penambahan tenaga kerja terlatih dan juga pasar yang terus membaik. Dan Tentunya sekarang kita juga harus memperhatikan prokes yang ada yah," Billy menambahkan.

Sebagai catatan ada beberapa model Honda yang tersendat akibat kurangnya pasokan dari prinsipal Honda, seperti yang disampaikan salah satu sales promotion Honda mobil kepada detikOto.

"Honda CR-V sampai bulan Juli-Agustus, ini bisa pindah ke tetangga atau brand lain. Tapi untuk konsumen Honda CR-V rata-rata sangat mudah edukasinya, sehingga mereka tidak mempermasalahkan mendapatkan diskon 50 persen, selain itu dirinya juga menilai kalau dibatalin dan pindah ke dealer Honda lain itu membuat antrean mereka lebih panjang saja untuk mendapatkannya," ujar sales Honda tersebut.

"Tapi supply paling banyak tersendat itu paling banyak pada model Honda HR-V selanjutnya City hatchback, jadi dari kedua model ini paling banyak pembatalan. Kita sih berharap insentif PPnBM ini diperpanjang karena situasi saat ini banyak masyarakat yang ingin menikmati relaksasi pajak PPnBM," dirinya menambahkan.



Simak Video "Desain Baru Honda HR-V Sudah Didaftarkan di Indonesia, Bentar Lagi Rilis?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)