Duh, Rolls-Royce Ini Disita Gegara Interior Pakai Kulit Buaya

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 29 Mei 2021 18:52 WIB
Rolls-Royce Ghost meluncur di Jakarta
Ilustrasi logo Rolls-Royce. Foto: Husein Anis/Rolls-Royce
Jakarta -

Memesan mobil dengan kustomisasi interior adalah hal yang lumrah dilakukan pemilik mobil apalagi sekaliber Rolls-Royce. Namun lain cerita jika interior dimodifikasi menggunakan kulit buaya.

Dicukil dari Carscoops, Sabtu (29/5/2021) Badan Bea Cukai dan Monopoli Italia telah menyita Rolls-Royce Phantom yang ditujukan untuk perusahaan di Roma. Menurut lembaga tersebut, mobil itu diimpor dari Rusia.

Permasalahannya, interior mobil sudah dikustomisasi dengan kulit buaya. Kulit predator itu terpasang pada jok, sandaran tangan, dan panel pintu.

Rolls-Royce memang lekat dengan eksklusif, namun modifikasi interior kulit buaya tersebut dilakukan dari pihak ketiga atau aftermarket. Rolls-Royce diketahui tidak memakai kulit binatang tersebut pada produk-produknya. Terlebih buaya adalah spesies yang dilindungi. Perdagangan barang dengan kulit buaya diatur di bawah Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Flora dan Fauna Langka yang Terancam Punah (CITES).

Perjanjian multilateral yang mulai berlaku pada tahun 1975 itu dirancang untuk melindungi tumbuhan dan hewan yang terancam punah serta melarang penggunaan komersial kulit dan bulu hewan tersebut.

Barang yang terbuat dari kulit buaya dan kulit aligator memerlukan sertifikat izin dari CITES agar dapat diperoleh secara sah dan dijual di 160 negara yang dianggap pihak dalam perjanjian tersebut dan Italia adalah salah satunya.

[Gambas:Instagram]


Ternyata, Rolls-Royce Phantom yang disita tersebut tidak memiliki izin resmi untuk interior berbahan kulit buaya. Saat ini, masalah tersebut berada di pengadilan dan sedang menunggu keputusan, termasuk pelepasan kulit buaya dari interior dan diberikan sanksi denda.

Rolls-Royce Phantom selain dikenal mewah juga memiliki tenaga yang buas. Mobil ini menggendong mesin berkapasitas 6.749 cc dengan konfigurasi V12. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis enam percepatan dan menggerakkan roda belakang.

Mesin 6,7 liter itu mampu menyemburkan tenaga hingga 453 daya kuda pada 5.350 rpm dengan torsi maksimal 720 Nm. Akselerasi 0-96 km/jam bisa dituntaskan kurang dari 7 detik.



Simak Video "Pajaknya Mepet Rp 100 Juta per Tahun, Ini Wujud Rolls Royce Phantom "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)