Heboh Desain Baru Avanza, Intip Sejarah Perubahan Mobil 'Sejuta Umat' dari Masa ke Masa

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 28 Mei 2021 20:20 WIB
Ototest Toyota Avanza
Toyota Avanza 2019 Foto: Rengga Sencaya

Avanza facelift 2019

Toyota memperbarui Avanza pada Januari 2019 lalu. Toyota mengubah tampilan depan Avanza menjadi terlihat lebih mewah. Mobil itu menggunakan lampu utama LED yang desainnya terinspirasi dari Vellfire.

Toyota Avanza 2019 dan Veloz 2019 akhirnya meluncur. PT Toyota-Astra Motor memberikan penyegaran terhadap mobil yang dijuluki sejuta umat tersebut.Toyota Avanza 2019 dan Veloz 2019 akhirnya meluncur. Foto: Agung Pambudhy

Suasana mewah di dalam kabin juga terlihat dengan dominan hitam, sementara nuansa sporti diperoleh dari red stitching bangku. Dasbor tengah pun tampil beda dengan adanya lis krom yang mengitari area audio dan A/C, menjadi tampak modern.

Meski hampir 18 tahun mengaspal, Toyota belum meluncurkan Avanza generasi ketiga sampai saat ini. Well, bila dihitung siklus major change atau generasi terbaru, apakah Avanza generasi terbaru sudah waktunya debut pada 2021?

Heboh desain Avanza baru

Antusias soal kehadiran mobil kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru itu mengundang seorang desainer grafis digital, Bagas Satria Akbar. Dia membuat perkiraan bentuk mobil berjuluk sejuta umat itu. Menurutnya, garis besar mobil sejuta umat terbaru bakal seperti Toyota Rush atau Terios.

Prediksi desain baru All New Avanza itu diunggah melalui akun instagram @bagasatriakbar. Pria berusia 18 tahun yang tinggal di Kebumen, Jawa Tengah ini menjelaskan bahwa referensi rendering generasi terbaru mobil kembar Avanza-Xenia tersebut diambil dari konsep DN Multisix. Seperti diketahui DN Multisix yang pernah dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu.

Render desain All New AvanzaRender desain All New Avanza Foto: Instagram @bagasatriakbar

Di GIIAS 2017, konsep DN Multisix dipamerkan tapi sampai saat ini belum diproduksi massal. Daihatsu DN Multisix merupakan mobil MPV yang bisa saja menjadi saudaranya Xenia, dengan kapasitas 6-penumpang tiga baris.

Seperti dimuat dalam bestcarweb.jp pada 2020 lalu disebutkan pada tahun 2021 akan mengenalkan satu mobil MPV Compact Minivan yang mengusung mobil konsep DN Multisix yang berbasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Platform DNGA sudah digunakan pada Daihatsu Tanto, Taft, dan Rocky.

Usia Toyota Avanza-Daihatsu Xenia saat ini sudah hampir 18 tahun sejak diperkenalkan pertama kali pada 2003. Sementara Avanza generasi kedua yang meluncur pada 2011 telah disegarkan pada 2015 dalam bentuk Grand New Avanza. Pun salah satu mobil terlaris ini kembali disegarkan pada 2019 lalu. Apakah bakal diperkenalkan pada akhir 2021 atau 2022 nanti?


(riar/din)