Heboh Desain Baru Avanza, Intip Sejarah Perubahan Mobil 'Sejuta Umat' dari Masa ke Masa

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 28 Mei 2021 20:20 WIB
Ototest Toyota Avanza
Toyota Avanza 2019 Foto: Rengga Sencaya

Avanza generasi kedua lahir di tahun 2011

Delapan tahun memiliki wajah yang tak jauh berbeda, Toyota kemudian merilis Avanza generasi kedua pada 2011. Toyota Avanza generasi kedua diluncurkan dan mulai dipasarkan pada awal 2012.

Avanza Generasi kedua tahun 2011Avanza Generasi kedua tahun 2011 Foto: Toyota

Toyota Avanza Generasi kedua hadir dalam beberapa tipe yaitu 1.3 E dan 1.3 G bertransmisi manual dan otomatis, 1.5 G manual, dan Veloz yang merupakan tipe teratas Toyota Avanza yang memiliki desain yang sporty dengan fitur yang lebih lengkap.

Avanza facelift 2013

Lalu tahun 2013, Toyota menambah fitur keamanan serta ubahan yang terfokus pada bagian dalam mobil, salah satunya dengan hadirnya Dual Airbag di semua grade.

Avanza Generasi Kedua Minor Change 2013Avanza Generasi Kedua Minor Change 2013 Foto: Toyota

Setelah itu pada 2014, terdapat varian luxury. Pada Avanza G Luxury, Toyota memfokuskan pada tampilan eksterior dengan front spoiler, side skirt serta rear spoiler. Sementara Veloz Luxury mengusung konsep sporty look yang membuat keseluruhan desain eskterior Veloz Luxury tambah modern.

Toyota Avanza Generasi Kedua Luxury Mi 2014Toyota Avanza Generasi Kedua Luxury Mi 2014 Foto: Toyota

Avanza facelift 2015

Pada 2015 Toyota kembali memoles mobil terlarisnya lewat Grand New Avanza. Hasilnya bagian depan memiliki tampilan baru ''Keen Look" lebih elegan berkat sentuhan krom di bagian kisi-kisi radiator. Desain pelek juga baru sehingga tampil lebih atraktif.

Toyota Grand New Avanza & Veloz 2015Toyota Grand New Avanza & Veloz 2015 Foto: Toyota

Sedangkan bagian samping mobil Toyota menambah New Side Bodi Molding. Bagian belakang mobil hadir dengan Rear Roof Spoiler desain baru dengan tambahan desain kombinasi lampu belakang baru.

Tampilan belakang tambah terlihat elegan dengan Rear License Garnish. Tak ketinggalan, logo grade kini memiliki warna background biru untuk menunjukkan mesin yang lebih bersih dengan penerapan teknologi Dual VVT-i.