Duh! Tesla Dituntut Bayar Ganti Rugi Rp 228 Juta ke Ribuan Konsumen

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 27 Mei 2021 10:19 WIB
Tesla Model S
Tesla Model S Foto: Tesla
Jakarta -

Tesla dituntut untuk membayar denda kepada ribuan konsumennya yang tinggal di Norwegia. Perkaranya, mobil besutan Elon Musk itu dituding telah mengurangi performa baterai Model S dan Model X.

Dikutip Electrek, Kamis (27/5/2021) Pengadian di Norwegia menyatakan Tesla bersalah karena membatasi kecepatan pengisian dan kapasitas baterai melalui pembaruan perangkat lunak. Tesla harus membayar sebesar US$ 16.000 atau Rp 228 juta ( US$ 1 = Rp 14.302) kepada masing-masing dari ribuan pemilik mobil yang terdampak.

Masalah ini berasal dari update alias pembaruan perangkat lunak - khususnya versi 2019.16.1 dan .2 - pada tahun 2019 yang menyebabkan pemilik kehilangan jarak dari 19 km hingga 48 km. Tampaknya model yang terpengaruh hanya yang dilengkapi paket baterai 85 kWh, yang dihentikan produksinya pada tahun 2016.

Perkara lainnya, pembaruan tersebut juga menyebabkan tingkat pengisian cepat DC berkurang, alias jadi lebih lambat. Dalam gugatan kepada Tesla disebutkan bahwa perusahaan Elon Musk itu secara curang memanipulasi perangkat lunaknya dengan alasan untuk menghindari tanggung jawab penggantian baterai.

"Secara curang memanipulasi perangkat lunaknya dengan tujuan untuk menghindari... kewajiban hukum kepada pelanggan untuk memperbaiki, memperbaiki, atau mengganti baterai mobil.." tulis gugatan tersebut.

David Rasmussen termasuk di antara salah satu pemilik Tesla yang terkena masalah tersebut. Dia mengalami penurunan masalah daya jelajah baterai.

"Model S 85 2014 saya mendapatkan jarak dari 247 mil hingga 13 Mei. Sekarang setelah pembaruan berikutnya, terus turun hingga sekarang 217 mil. Ini adalah penurunan 11% dalam 5 minggu," kata David.

Respons resmi Tesla terhadap masalah kecepatan pengisian merupakan upayanya untuk melindungi baterai dari pengisian atau panas berlebih, meningkatkan umur baterai, dan mengklaim bahwa kehilangan jangkauan hanya memengaruhi sebagian kecil pemilik.

Tesla memiliki beberapa minggu lagi untuk mengajukan banding. Jika pengadilan memutuskan tuntutan penggugat, Tesla diperkirakan akan membayar sebanyak US$ 160 juta kepada sekitar 10.000 pemilik mobil Tesla yang terkena dampak.



Simak Video "Pengkauan Elon Musk Benci Jadi Bos Tesla"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)