Mobil China Chery Gregetan Pasarkan Mobil Listrik di Indonesia

M Luthfi Andika - detikOto
Senin, 24 Mei 2021 21:09 WIB
Mobil listrik Chery siap masuk pasar Eropa
Ilustrasi mobil listrik Chery Foto: Carscoops
Jakarta -

Pernah merasakan pahitnya persaingan industri otomotif Indonesia, kini produsen mobil asal China Chery pastikan akan kembali memasuki pasar Indonesia. Bahkan Chery di Indonesia membocorkan bakal mengubah strategi mereka di Indonesia dengan membidik pasar mobil listrik.

Hal ini langsung disampaikan Presdir PT Chery Mobil Indonesia. Hosea Sanjaya kepada detikOto. Hosea mengatakan layaknya pabrikan otomotif lainnya, dengan berbagai keuntungan Chery tertarik untuk masuk pasar mobil listrik di Indonesia.

"Sudah dipahami sekarang bergeser ke EV (mobil listrik)," kata Hosea kepada detikOto.

Lalu kapan Chery akan benar-benar mulai berjualan lagi di Indonesia, tahun depa?

"Belum bisa dipastikan (tahun depan). Namun Indonesia adalah peluang pasar #1 (nomor satu) bagi pabrikan luar, apalagi EV (mobil listrik) Bea Masuk sudah 'disponsori pemerintah' (mendapat insentif dari pemerintah," Hosea menambahkan.

Perjuangan Chery di Indonesia bukan dirasakan dalam waktu sebentar, terlebih pabrikan mobil China ini sudah merasakan kerasnya persaingan di Indonesia.

Sebagai catatan, sejak 2016 merek ini tidak terdaftar lagi sebagai anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Selama 10 tahun berkiprah di Indonesia, penjualan Chery juga tidak bagus-bagus amat.

Mobil listrik Chery siap masuk pasar EropaIlustrasi Mobil listrik Chery yang siap masuk pasar Eropa Foto: Carscoops

Berdasarkan data wholesales Gaikindo, dalam kurun satu tahun pertama, mobil China Chery hanya berhasil menjual 269 unit mobilnya di Indonesia. Tahun kedua, penjualan Chery meningkat. Meski tak sampai ribuan unit, setidaknya Chery bisa melepas 759 unit.

Hasil baik masih ditorehkan Chery memasuki tahun ketiga. Chery membukukan penjualan sebanyak 853 unit. Penurunan penjualan Chery mulai terasa pada tahun 2009, penjualan Chery mulai merosot setengah saat itu menjadi hanya 407 unit. Kemudian naik lagi menjadi 528 unit pada 2010.

Penjualan Chery terus anjlok tiga tahun berturut-turut. Bahkan, pada 2013-2015 tak ada mobil Chery yang terjual. Hingga pada tahun 2016, nama Chery tak lagi ada dalam penjualan Gaikindo.

Meski demikian pasar otomotif Indonesia bakal lebih menarik dengan hadirnya mobil listrik Chery di Indonesia.



Simak Video "Asyik! Mobil China Chery Dipastikan Comeback ke Indonesia Akhir 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)