Akhirnya! Lamborghini Ikut Lahirkan Mobil Listrik, Ini Desainnya Pertamanya

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 19 Mei 2021 17:59 WIB
Lamborghini listrik
Desain Lamborghini listrik Foto: Pool (Autocar)
Jakarta -

Bos besar Lamborghini, Stephan Wilkelmann, akhirnya setuju untuk bisa memproduksi mobil listrik setelah melalui perdebatan panjang. Dibocorkan mobil listrik pertama Lamborghini ini akan menjadi model Grand Tourer dua pintu 4 penumpang.

Dikutip dari autocar, lahirnya mobil listrik pertama Lamborghini ini akan menjadi arah pengembangan baru bagi pabrikan Italia ini. Roadmap masa depan produk-produk Lamborghini tersebut dinamai Direzione Cor Tauri Road Map. Selain mobil listrik, road map terbaru Lamborghini akan membuka peluang lahirnya mobil hybrid yang sudah direncanakan akan diperkenalkan pada 2024.

Roadmap itu termasuk juga rencana mengubah produk yang sudah ada sekarang menjadi mobil listrik. Hanya saja Winkelmann belum memastikan terselip pada model Lamborghini yang mana.

"Mobil ini setidaknya akan menawarkan penumpang 2+2 atau memiliki 4 penumpang. Kami membayangkan mobil listrik Lamborghini akan memiliki dua pintu sama seperti model yang ada saat ini, tapi kami belum mengambil keputusan akan desain dan seberapa besar tenaga yang akan ditawarkan," kata Winkelmann.

Lamborghini siapkan mobil sport listrik.Ilustrasi Lamborghini siapkan mobil sport listrik. Foto: Pool(motortrend)

Lamborghini tak sekadar ikut-ikutan mengembangkan kendaraan listrik. Itu setidaknya dibuktikan dengan menambah investasi hingga 1,3 miliar poundsterling dalam kurun waktu 4 tahun ke depan.

Lamborghini juga mengonfirmasi akan melahirkan teknologi PHEV, dan memastikan akan tetap menjaga DNA Lamborghini yang menawarkan ketangguhan, namun dengan level yang sudah berbeda.

Diprediksi mobil listrik terbaru Lamborghini ini akan menjadi model Grand Touring Coupe 4 penumpang yang sudah diperkenalkan pada 2017 lalu.

"Spesifikasi mobil listrik Lamborghini akan diputuskan tahun depan, dengan beberapa pilihan desain dengan pertimbangan yang cocok dengan platform yang telah dipersiapkan Grup Volkswagen," katanya.

Soal target penjualan Winkelmann menilai masih terlalu dini untuk membicarakannya.

"Jika desain yang ditawarkan akan memiliki pilihan 2 pintu 4 penumpang, volumenya tidak akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan SUV Urus," ujarnya.

Besar kemungkinan Lamborghini listrik ini akan mengusung platform PPE yang sudah digunakan Porsche dan Audi. Namun besar kemungkinan pilihan penggunaan arsitektur SSP yakni penggabungan platform PPE dan MEB bisa menjadi pilihan utamanya.



Simak Video "Lamborghini Countach Resmi Hidup Lagi, Mobil Impian Anak 90-an"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)