Larangan Mudik Lebaran Tak Pengaruhi Penjualan Mobil Baru

Muhammad Risanta - detikOto
Minggu, 09 Mei 2021 19:21 WIB
Toyota Raize di Banjarmasin
Toyota Raize. Foto: Muhammad Risanta/detikcom
Banjarbaru -

Pelarangan Mudik Lebaran tahun 2021 yang dilakukan pemerintah ternyata tidak berimbas besar bagi penjualan mobil baru di berbagai kota di Indonesia. Di Banjarmasin dan Banjarbaru, menjelang lebaran permintaan mobil baru terus meningkat. Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) maupun perusahaan distributor telah merilis beberapa varian mobil baru selama tahun 2021 berjalan. Penjualannya pun diklaim cukup positif sampai saat ini.

Branch Manager Auto 2000 Banjarmasin, Muhammad Zainuri, menjelaskan tidak ada dampak yang begitu signifikan dari pemberlakuan pembatasan mudik yang dilakukan pemerintah sejak tanggal 6 Mei kemarin. Justru hal tersebut bisa dikolaborasikan dengan adanya relaksasi pajak sehingga permintaan tetap stabil. Apalagi perusahaan mereka baru sepekan mengenalkan produk anyar yang langsung direspon positif pangsa pasar di Kalsel.

"Alhamdulillah permintaan produk varian baru seperti SUV All New Toyota Raize cukup bagus di sini, Terbukti baru sepekan dikenalkan ke publik di Kalsel sendiri sudah 50 unit yang dipesan. Konsumen Kalsel agak unik karena selalu ingin yang terbarukan, apalagi buat lebaran," kata Zainuri, kepada wartawan, Minggu (09/05/2021).

Tren positif penjualan mobil-mobil baru memberikan imbas baik bagi pemasaran otomotif di daerah, khususnya Banjarmasin dan Banjarbaru serta Banua Anam (Hulu Sungai,Red). Pembelian mobil baru yang meningkat saat Lebaran, juga ditopang dengan semakin baiknya ekonomi di Indonesia dan daerah, meski wabah pandemi belum usai sepenuhnya.

"Secara umum pelarangan mudik lebaran tidak berpengaruh kepada bisnis otomotif. Kami optimis selalu, selain konsumen yang fanatik akan merek kami, relaksasi PPnBM ini membuat orang yang tadinya enggak beli mobil jadi beli mobil, terlebih standar mobil Rp 500 juta harganya malah di bawah Rp 300 juta," jelas Stephanus Tjuatjadinata, Kepala Cabang Wira Toyota Banjarmasin.

Toyota sendiri menurut Stephanus meluncurkan varian baru kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) Toyota Raize dengan harga di bawah Rp 300 juta. Sejak tanggal 30 April lalu, pabrikan Toyota mengenalkan Toyota Raize, yang disambut pasar dengan baik. Secara nasional tipe tertinggi GR Sport menjadi varian yang paling laris. Data SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) Toyota Raize hingga tanggal 6 Mei 2021 atau 6 hari setelah diluncurkan tembus 1.269 unit.

Sejumlah konsumen di Banjarmasin mengaku kondisi pandemi dan adanya larangan mudik lebaran tidak mempengaruhi minat mereka untuk membeli mobil baru. Sebab masa-masa pandemi berpergian lebih enak naik mobil sendiri. Selain itu sekarang banyak mobil-mobil baru dibanderol dengan harga yang terjangkau, apalagi jenis SUV.

"Meskipun mudik dilarang, kami masyarakat pasti tetap berpergian mengunjungi sanak saudara atau sekadar ke pusat perbelanjaan bersama pada hari raya Idulfitri. Kami memilih mobil dengan muatan yang banyak dan kabin yang lapang," ujar Adam S Bayu, salah seorang warga yang membeli mobil baru untuk digunakan berlebaran, Minggu (09/05/2021).



Simak Video "Geber Knalpot di Depan Petugas, Pemudik Ini Diputar Balik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)