Alasan Toyota Ngotot Kenalkan Raize di Indonesia Meski Ada Rush

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 01 Mei 2021 13:57 WIB
Toyota Raize
Toyota Raize Foto: Toyota Astra Motor
Jakarta -

Toyota akhirnya membuka pasar baru dengan memperkenalkan Toyota Raize di Indonesia, yakni SUV (Sport Utility Vehicle) Entry Compact yang akan menemani jajaran line up SUV Toyota di tanah air. Tapi apa alasan Toyota ngotot untuk memperkenalkan Raize ya?

Marketing Director PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy menjelaskan alasannya utama kenapa Toyota mau memperkenalkan SUV Entry level Raize.

"Kalau kita lihat market SUV 5 tahun ke belakang, kendaraan 5 dan 7 seater berkembang terus. Rasanya banyak yang meminta Toyota melengkapi line up SUV kita. Kalau dilihat dari komposisi SUV, 7 seater besar 60%, 5 seater 40%, saya rasa sekarang timing yang tepat melengkapi model 5 seater kami. Saya rasa segmennya tepat, product, size, desain, valuenya juga," ucap Anton.

Anton menambahkan meski SUV 5 seater atau 5 penumpang saat ini lebih kecil dibandingkan SUV 7 penumpang. SUV 5 penumpang diyakini akan terus berkembang.

"Bicara total SUV jika dikumpulkan dari bawah sampe atas itu, 60% itu dikuasai SUV 7 seater, 40% SUV 5 seater itu gak kecil perlu disikapi. Belakangan tren SUV naik terus dan kami perkirakan dengan adanya Toyota Raize mudah-mudahan akan menambah segmen SUV," ujar Anton.

Toyota RaizeToyota Raize Foto: Toyota Astra Motor

Soal kuota permintaan, Toyota pastikan konsumen tidak perlu khawatir, karena pabrik Toyota yang memproduksi SUV terus meningkat setiap tahunnya.

"Produksi sangat membantu kita. komposisi SUV itu kalau di tahun 2017 itu kira-kira 15 %, pada, 2020 menjadi 21,8 % jadi SUV nya meningkat terus dari tahun ke tahun. Kalau di Toyota sendiri udah di atas 20 % hampir 30 % SUV itu," Anton Jimmi menambahkan.

Toyota Raize membidik pasar pengguna dari kalangan anak muda. Makanya varian ini dihadirkan dengan kepribadian yang dinamis dan cocok untuk anak muda yang stylish.

Toyota Raize mempunyai dimensi kompak dengan panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Meski begitu, Raize tetap terlihat proporsional berkat wheelbase mencapai 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200 mm.

Kesan sebuah SUV yang gagah, sporty, dan atraktif tampak dari aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan. Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp, semua menggunakan LED, dan velg besar 17 inch pada tipe 1.0T.

Toyota Raize hadir dalam dua pilihan mesin yaitu 1.0 Turbo dan 1.2 L. Raize tersedia dalam 6 varian yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T.

Toyota RaizeToyota Raize Foto: Toyota Motor Corporation


Simak Video "Diskon PPnBM, Toyota Raize Bisa Dicicil Rp 3 Jutaan Per Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)