Rocky-Raize Meluncur, Besok Baru Ada di Dealer

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 29 Apr 2021 07:14 WIB
Peluncuran Kolaborasi Toyota Raize-Daihatsu Rocky
Peluncuran Kolaborasi Toyota Raize-Daihatsu Rocky. Foto: Dok. ADM.
Jakarta -

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky diperkenalkan di pasar Indonesia. Mobil kembar hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu itu akan diproduksi di Indonesia.

President of Daihatsu Motor Company, Soichiro Okudaira mengatakan, Raize dan Rocky merupakan mobil hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu. Mobil ini akan tersedia di dealer-dealer Toyota dan Daihatsu mulai 30 April 2021.

"Kami menggunakan pusat R&D PT Astra Daihatsu Motor yang terbesar di Indonesia untuk membuat kendaraan ini paling sesuai dengan masyarakat Indonesia. Kami juga mengevaluasi fitur keamanan prefentif terbaru dari Dahatsu Rocky yang diperkenalkan di Indonesia dengan harga yang terjangkau," ucap Okudaira dalam konferensi pers secara virtual yang ditayangkan langsung melalui kanal YouTube ToyotaIndonesia dan Daihatsu Sahabatku, Rabu (28/4/2021).

"Daihatsu Rocky akan diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor dan akan tersedia di outlet Daihatsu mulai tanggal 30 April. Ini adalah komitmen kami untuk membuat Daihatsu menjadi brand yang paling dekat ddngan pelanggan Indonesia," katanya.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dipastikan dapat diskon PPnBM (pajak penjualan atas barang mewah). Artinya, harga Raize dan Rocky akan lebih murah dengan adanya diskon PPnBM hingga 100%.

"Sebagai peserta program relaksasi PPnBM DTP (pajak penjualan atas barang mewah ditanggung pemerintah) ini saya berharap PT Asta Daihatsu Motor sebagai produsen kedua model (Raize-Rocky) tersebut berkomitmen untuk meningkatkan komponen lokal lebih dari 70% termasuk engine, body, chassis, dan transmission," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam kesempatan yang sama.

Agus mengatakan, program relaksasi PPnBM ini telah memberikan dampak yang positif. Menurutnya, penjualan mobil bermesin sampai dengan 1.500 cc yang dapat diskon PPnBM naik 140% pada Maret 2021 dibanding bulan sebelumnya.

"Hal ini akan berdampak positif bagi pemulihan sektor industri otomotif yang memiliki multiplier effect yang luas bagi sektor industri lainnya. Sehingga pada gilirannya akan mampu men-jump start ekonomi nasional," katanya.

"Launching produk kolaborasi Daihatsu Rocky dan Toyota Raize merupakan bukti kuat sebuah komitmen untuk terus melakukan inovasi, investasi berkelanjutan, penyerapan tenaga kerja serta semaksimal mungkin menggandeng mitra supplier lokal dalam rangka memperkuat struktur industri otomotif nasional," sebut Agus.



Simak Video "Diskon PPnBM, Toyota Raize Bisa Dicicil Rp 3 Jutaan Per Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)