Cara Mengisi Daya Baterai Mobil Listrik di SPKLU PLN

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 24 Apr 2021 08:29 WIB
Hyundai Ioniq Tembus Jakarta-Bali
Ilustrasi pengisian baterai listrik Hyundai Ioniq Foto: Grandyos Zafna Manase Mesah/Detik.com
Jakarta -

Perjalanan Road Trip Java-Bali with Ioniq Electric Hyundai menyajikan cerita menarik untuk disimak. Salah satunya bagaimana tim detik.com melakukan pengisian baterai Hyundai di setiap kota demi membuktikan ketangguhan mobil listrik Hyundai Ioniq.

Awalnya tim detik.com terbayang pasti akan sangat kesulitan dalam melakukan pengisian baterai mobil listrik asal Korea Selatan ini. Wajar sih karena memang mengendarai mobil listrik dari Jakarta-Bali merupakan pengalaman pertama tim detik.com, namun perkiraan itu tidak lah seperti yang dibayangkan.

Karena pengisian baterai mobil listrik sangatlah mudah, bahkan aplikasi yang ditawarkan PLN yakni 'Charge.in' sangat mempermudah pengisian dan mengetahui daerah mana saja yang sudah memiliki fasilitas pengisian baterai mobil listrik.

PT PLN (Persero) luncurkan aplikasi 'Charge-In'. Aplikasi ini membantu pengguna kendaraan listrik mencari SPKLU terdekat hingga monitor pengisian daya.PT PLN (Persero) luncurkan aplikasi 'Charge-In'. Aplikasi ini membantu pengguna kendaraan listrik mencari SPKLU terdekat hingga monitor pengisian daya. Foto: Grandyos Zafna

Berikut cara mengisi daya baterai mobil listrik di SPKLU di PLN.

1. Install aplikasi Charge.IN
2. Cari SPKLU terdekat yang tersedia melalui aplikasi Charge.IN
3. Pastikan detikers memiliki akun LinkAja dan sudah top-up saldo sehingga tidak akan kekurangan disaat melakukan pengisian baterai mobil listrik.
4. Menuju SPKLU tersebut, pastikan SPKLU berada paling dekat dengan kendaraan detikers.
5. Colokkan Gun (Type 2 AC Charging dan DC Charging Combo Type CCS2 sesuai di daerah masing-masing).
6. Saat detikers mengisi di daerah atau kota yang memiliki SPKLU dengan sistem AC, petugas akan menempelkan kartu kartu NFC pengisian untuk otentikasi.
7. Namun SPKLU memiliki desain sistem pengisian baterai DC cukup dengan Scan QR Code yang tersedia di SPKLU, lalu masukkan berapa kWh yang akan diisikan ke mobil listrik dan akan terlihat berapa biaya yang harus dibayar.
8. Bayar dengan LinkAja
9. Tunggu proses pengisian daya selesai dan ini akan terlihat dalam aplikasi Charge.IN.

Akan tetapi ada satu catatan penting bagi pengendara mobil listrik di Indonesia, aplikasi Charge.IN masih butuh penyempurnaan. Karena di saat tim detik.com melakukan pengisian daya baterai, kerap kali pengisian gagal sementara saldo dari tim detik.com sudah terpotong dan tidak bisa dikembalikan.

Hyundai Ioniq Tembus Jakarta-BaliHyundai Ioniq Tembus Jakarta-Bali Foto: Grandyos Zafna Manase Mesah/Detik.com


Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)