Konsep bZ4X, Mobil SUV Listrik Pertama Toyota

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 20 Apr 2021 11:21 WIB
Toyota bZ4X, Mobil Listrik Pertama Toyota
Toyota bZ4X, Mobil Listrik Pertama Toyota. Foto: Dok. Toyota.
Jakarta -

Toyota resmi memperkenalkan konsep SUV listrik bernama Toyota bZ4X. Ini menjadi calon SUV listrik pertama Toyota. Konsep bZ4X ini menjadi penanda bahwa Toyota bakal bermain di segmen crossover bertenaga listrik yang kini sudah mulai ramai dimainkan pabrikan otomotif dunia.

Toyota berencana meluncurkan versi produksinya pada pertengahan 2022. SUV listrik ini bakal diproduksi di Jepang dan China.

Secara tampilan, konsep Toyota bZ4X ini sangat futuristik. Mobil ini memiliki grille heksagonal kecil di bagian bawah dan terdapat semacam insang vertikal di ujung kanan kirinya.

Lampu depan yang tajam memiliki empat elemen LED. Dan terdapat strip untuk lampu day time running light (DRL) di bagian atas.

Toyota bZ4X, Mobil Listrik Pertama ToyotaToyota bZ4X, Mobil Listrik Pertama Toyota Foto: Dok. Toyota

Di sampingnya, konsep Toyota bZ4X memiliki lekuk yang berotot. Pilar C turun dengan curam yang menghasilkan bentuk tajam saat melihat mobil ini dari samping.

Di bagian belakang, konsep Toyota bZ4X dihiasi strip lampu LED yang memanjang dari kiri ke kanan. LED yang ditumpuk secara horizontal menciptakan tampilan lampu yang futuristik.

Toyota bZ4X, Mobil Listrik Pertama ToyotaToyota bZ4X, Mobil Listrik Pertama Toyota Foto: Dok. Toyota

Interiornya tak kalah futuristik. Yang menjadi sorotan adalah setirnya yang bergaya yoke seperti pesawat terbang. Di baliknya terdapat instrument cluster digital yang juga berbentuk futuristik.

Layar hiburan lebar ada di bagian atas konsol tengah, dan tombol untuk mengoperasikan sistem AC ada di bawahnya. Konsol tengah menampung tombol pengontrol mode penggerak, tombol untuk memilih sistem bantuan pengemudi, dan touchpad layar infotainment dengan cahaya biru.

Toyota bZ4X, Mobil Listrik Pertama ToyotaToyota bZ4X, Mobil Listrik Pertama Toyota Foto: Dok. Toyota

Toyota belum mengungkapkan detail tenaga yang akan digunakan bZ4X. Namun, Toyota memastikan bahwa mobil ini menggunakan penggerak semua roda (all wheel drive).

Mobil ini dihasilkan dari pengembangan bersama dengan Subaru. Toyota bZ4X akan menggunakan platform e-TNGA yang telah didesain untuk kendaraan listrik Toyota.

Nama bZ sendiri adalah singkatan dari Beyond Zero dan merupakan sebutan untuk keluarga kendaraan listrik Toyota yang akan datang. Perusahaan telah mengajukan merek dagang untuk bZ1X hingga bZ5X. Nama mobil tanpa 'X' menunjukkan bahwa mobil tersebut tidak memiliki sistem all wheel drive.

Toyota berencana untuk memiliki tujuh model pada keluarga bZ di seluruh dunia pada tahun 2025. Produsen mobil itu juga berniat memiliki sekitar 70 produk dengan beberapa bentuk elektrifikasi saat ini. Bahkan Toyota sedang menggarap pikap listrik.



Simak Video "Menperin: Toyota Investasi Rp 28 T Untuk Produksi Mobil Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)