Morris Garage ZS EV Bakal Lebih Murah dari Hyundai Kona Electric di RI?

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 19 Apr 2021 16:13 WIB
Morris Garages ZS EV
MG ZS EV Foto: Ridwan Arifin/detikOto
Jakarta -

Morris Garage resmi memperkenalkan ZS Electric Vehicles (EV) dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021. MG ZS belum resmi dilepas ke konsumen umum, pun harga juga belum terungkap. Apakah bakal lebih murah dari kompetitor terdekat saat ini, Hyundai Kona electric?

"Pada saat kita ingin memberikan suatu produk pasti kita sudah riset sedemikian rupa, karena kalau bicara harga pasti equal dengan produk quality, dan market acceptance," kata Arief Syarifudin selaku Marketing & PR Director MG Motor Indonesia di Kemayoran, Jakarta.

"Saya sudah jelaskan juga akan ada another electric yang akan dicoba masyarakat Indonesia di tahun ini juga, Harganya akan menyesuaikan dengan kemampuan dan ekspektasi dari masyarakat Indonesia," sambung dia.

Secara ukuran MG ZS EV sama dengan versi bensin, mobil ini memiliki dimensi panjang 4.314 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.624 mm, dan jarak sumbu roda 2.585 mm.

Melirik spesifikasi jantungnya, MG ZS EV dibekali baterai Lithium-Ion berkapasitas 44,5 kWh yang menyalurkan tenaga ke motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor di bagian depan.

Tenaga dari motor listrik tersebut bisa mengeluarkan 110 kilowatt atau 150 dk dan torsinya mencapai 350 Nm. Mobil ini bisa berlari dari titik nol hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 8,2 detik.

Sementara untuk pengisian baterai pengisian cepat dari kosong hingga 80 persen bisa memakan waktu 30 menit , sedangkan untuk pengecasan normal hingga penuh diklaim dalam waktu 6,5 jam. Diklaim, MG ZS EV dapat melaju sejauh 335 kilometer saat baterai terisi penuh.

Soal harga, Arief belum menyebut angka pastinya. Namun bila melirik Thailand tertera MG ZS EV dijual 1.190.000 baht atau setara Rp 552 jutaan. Bagaimana di Indonesia?

Dalam lampiran Permendagri Nomor 1 tahun 2021, MG ZS EV tertera memiliki Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) sebesar Rp 413 juta dan Dasar Pengenaan Pajak (DPP) Rp 433,6 juta. Sedangkan Hyundai Kona Electric memiliki harga NJKB Rp 476 juta dan DPP Rp 499,8 juta.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)