Mitsubishi Xpander Banjir Order Berkat Diskon PPnBM, Produksi Digenjot

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 15 Apr 2021 18:44 WIB
Pekerja merakit mobil Xpander di pabrik perakitan Mitsubishi Motors di Indonesia yaitu PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang terletak di kawasan industry GIIC Deltamas, Bekasi, Jawa Barat.
Penjualan mobil naik berkat diskon PPnBM. Produksi pun digenjot. Foto: Mitsubishi
Jakarta -

Mitsubishi Xpander menjadi salah satu mobil yang mendapatkan diskon PPnBM. Harga Xpander dan Xpander Cross pun turun belasan juta.

Xpander yang masuk kategori mobil 4x2 1.500 cc ke bawah ini diberikan diskon PPnBM 100% pada Maret-Mei 2021. Berdasarkan daftar harga yang dirilis PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Mitsubishi Xpander turun Rp 13,39 juta sampai Rp Rp 16,77 juta. Sementara Xpander Cross turun mulai dari Rp 16,96 juta sampai Rp 18,14 juta.

Mitsubishi mengklaim penjualan Xpander dan Xpander Cross tumbuh lebih dari 91,2% atau 2.206 unit. Pertumbuhan penjualan mobil Xpander dan Xpander Cross itu merupakan dampak positif dari kebijakan pemerintah terkait insentif PPnBM 0%.

Berdasarkan data wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dicatat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mitsubishi Xpander terjual sebanyak 2.215 unit dan Mitsubishi Xpander Cross 2.492 unit pada Maret 2021.

"Kami mengapresiasi pesanan konsumen terhadap produk-produk Mitsubishi. Kami juga berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan," kata Amiruddin, General Manager of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), saat konferensi pers secara virtual, Kamis (15/4/2021).

Menurut Amir, permintaan konsumen lebih tinggi daripada pasokan mobil di dealer. Alhasil, konsumen harus sabar menunggu unit mobil Xpander atau Xpander Cross pesanannya datang ke garasi.

"Pada prinsipnya kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan volume produksi kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kami juga sudah minta kepada dealer kami untuk berkomunikasi intens dengan pelanggan yang ada mengenai kepastian waktu delivery. Mudah-mudahan dengan peningkatan kapasitas produksi dengan usaha keras kami, kami semaksimal mungkin berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan," ucap Amir.



Simak Video "Catat! Skema Diskon PPnBM Mobil Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)