Honda Jazz Juga Tamat di Negara Tetangga

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 13 Apr 2021 16:43 WIB
Jakarta -

Honda Cars Philippines resmi mengumumkan nasib Honda Jazz tamat di negeri tersebut. Penjualannya hanya tinggal menghabiskan stok yang tersedia.

Honda Jazz resmi disetop produksinya lebih dulu di Indonesia. Posisi Jazz di Indonesia bakal digantikan Honda City Hatchback RS yang baru diluncurkan pada Rabu (3/3).

Pun dengan Filipina, nampaknya Honda Fit yang pernah meluncur di Tokyo Motor Show 2019 lalu tidak cocok dengan pasar di Asia Tenggara. Di Indonesia Honda City Hatchback RS menjadi pengganti sepadan bagi Jazz lantaran sama-sama memiliki konsep yang sporty.

Menurut Autoindustriya, rencananya Honda City Hatchback juga bakal menggantikan peran mobil lima pintu di negara tersebut. Tanda ini semakin kuat sejak Januari 2020, ditemukan dokumen yang menyatakan Honda Thailand akan mengekspor City varian 5 pintu ke Filipina dengan mesin 1.500 cc berteknologi i-VTEC.

"Jazz telah menjadi papan nama yang luar biasa di pasar Filipina selama sekitar 13 tahun. Namun, karena kami terus menekankan pada pemenuhan permintaan pasar, kami telah mempelajari secara menyeluruh kebutuhan model dalam jajaran model kami saat ini. Setelah mempertimbangkan dengan cermat, kami ingin secara resmi mengumumkan penghentian Jazz dan semua variannya, agar kami dapat mengalihkan fokus dan sumber daya kami ke model saat ini dan yang akan datang. " kata Mr. Masahiko Nakamura, presiden Honda Cars Philippines, Inc. (HCPI).

Sejak diluncurkan pada Juli 2004 di Filipina, sebanyak 25 ribu unit sudah terjual. Ada tiga generasi yang meluncur, yakni generasi pertama tahun 2004, diikuti oleh model generasi kedua pada tahun 2008, dan model generasi ketiga pada tahun 2014.

(riar/rgr)