Bos Apple Bicara Mobil Otonom: Seperti Robot

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 07 Apr 2021 08:46 WIB
Mobil Otonom Apple Terhambat
Mobil Otonom Apple. Foto: Carscoops.
Jakarta -

Apple dikabarkan ingin terjun ke industri otomotif. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu berniat menggarap mobil otonom yang bisa melaju tanpa sopir.

Dalam beberapa bulan terakhir, banyak laporan soal niat Apple melanjutkan proyeknya untuk mengembangkan mobil listrik dengan teknologi otonom. Namun, Apple masih bungkam tentang proyek tersebut.

Kini, CEO Apple Tim Cook bicara tentang minat perusahaannya menggarap mobil otonom. Dikutip CNBC, Tim Cook bilang bahwa mobil otonom seperti robot.

"Otonom itu sendiri adalah teknologi inti, menurut saya. Mobil, dalam banyak hal, adalah robot. Mobil otonom adalah robot. Jadi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan (mobil) otonom. Dan kita akan melihat apa yang dilakukan Apple," kata Cook.

Ditanya secara khusus apakah Apple sedang mengerjakan mobil atau teknologi di dalam mobil, Cook tidak menawarkan jawaban langsung.

"Kami senang mengintegrasikan perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan, dan menemukan titik persimpangannya karena kami pikir di situlah keajaiban terjadi," katanya. "Dan itulah yang kami senang lakukan. Dan kami senang memiliki teknologi utama yang ada di sekitarnya. "

Apple telah lama diprediksi masuk bisnis otomotif dengan kendaraan buatan sendiri atau menjual teknologinya kepada pabrikan mobil lain. Pada 2019, Apple mengakuisisi startup mobil otonom Drive.ai.

Kendaraan otonom dapat memposisikan Apple melawan Tesla yang sudah memiliki fitur self-driving. Pada tahun 2018, merekrut mantan wakil presiden senior bidang teknik Tesla untuk kemungkinan proyek mobil tanpa sopir.

Apple juga telah memboyong beberapa mantan karyawan Tesla lainnya, termasuk mantan wakil presiden teknik Tesla Michael Schwekutsch yang sekarang menjadi direktur teknik senior untuk Grup Proyek Khusus di Apple.



Simak Video "Gara-gara Ini, Facebook Dikabarkan Bakal Gugat Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)