Dapat Diskon PPnBM, Harga Innova-Fortuner Ternyata Belum Turun Hari Ini, Kenapa?

Ridwan Arifin, Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 01 Apr 2021 18:41 WIB
New Kijang Innova dan New Fortuner
Fortuner-Innova Foto: Dok. TAM
Jakarta -

Pemerintah secara resmi memperluas penerapan relaksasi diskon pajak PPnBM untuk mobil berkapasitas mesin dari 1.501 cc sampai 2.500 cc. Namun tepantau pada pukul 17.47 WIB, PT Toyota Astra Motor belum menurunkan harga per April untuk Fortuner dan Innova dalam situs resminya. Kenapa?

Dijelaskan Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi ini lantaran regulasi relaksasi PPnBM untuk mobil 1.501-2.500 cc belum terbit dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Menunggu Peraturan Menteri Keuangan," ungkap Anton saat dihubungi detikcom, Kamis (1/4/2021).

Sejumlah dealer juga masih menunggu aturan tersebut terbit dari Menteri Keuangan. Saat bertanya pada salah satu staf penjualan di dealer Toyota, dirinya mengungkapkan sampai saat ini belum ada harga resmi mengenai potongan PPnBM terhadap dua tipe mobilnya.

"Untuk potongan harga mengenai diskon PPnBM kami tentunya ada untuk tipe Kijang Innova dan Fortuner, tetapi sampai detik ini belum ada SK dan harga aslinya karena masih digodok oleh pemerintah dan dari pusat juga," ujarnya saat ditanya.

Dirinya menambahkan, keputusan mengenai harga yang sudah mendapatkan diskon pajak PPnBM ini masih dibahas terlebih dahulu. Jika surat keputusan mengenai harga resmi keluar, baru lah dirinya bisa menyampaikan kepada konsumen.

"Karena Kijang Innova ini masuk di bawah 2.500 cc tentunya mendapatkan potongan PPnBM, nah tetapi soal potongannya berapa persen ini kan masih menunggu SK keluar. Jadi kami juga nggak bisa menyampaikan langsung ke konsumen soal harga tepatnya," katanya.

Hal senada juga diungkapkan ketika menghubungi salah satu staf penjualan di dealer Toyota lainnya. Dirinya mengungkapkan untuk harga terbaru diskon pajak PPnBM untuk Innova dan Fortuner masih harus menunggu waktu.

"Untuk harga diskon pajak PPnBM buat Innova dan Fortuner masih menunggu ya, kira-kira mulai Senin depan baru keluar harga resminya," tutur staf penjualan tersebut.

Namun dalam salinan mengenai potongan harga diskon pajak PPnBM, tertulis estimasi untuk Toyota Kijang Innova harganya turun 21,3 juta sampai 32 juta. Sementara Toyota Fortuner turun Rp 33,1 juta sampai Rp 40,7 juta. Untuk Toyota Fortuner dengan mesin bensin, harganya tak berubah. Fortuner bermesin bensin tak dapat diskon PPnBM karena kapasitas mesinnya 2.700 cc, di atas ketentuan pemerintah yaitu maksimal 2.500 cc. Jika PMK terbit hari ini, maka harga di website juga akan mengalami revisi.

"Sudah saya cek, angkanya (diskon) sudah sesuai," ungkap Anton.



Simak Video "KuTips: Cara Cermat Berburu Mobil Baru saat Diskon PPnBM"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)