Anti Bosan, Nyetir Mobil Honda Saat Macet Bisa Ditinggal Nonton Video

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 25 Mar 2021 18:42 WIB
Teknologi Otonom Honda
Mobil otonom Honda. Foto: Istimewa
Jakarta -

Mobil Honda semakin canggih saja. Pabrikan asal Jepang itu mulai menghadirkan teknologi kendaraan otonom Level 3 dalam sistem Honda Sensing Elite.

Honda membawa teknologi otonom Level 3 itu pada mobil Legend Hybrid EX di Jepang. Ini menjadi mobil pertama Honda yang memiliki sistem otonom Level 3. Apa saja kecanggihannya?

Fitur canggih pada Honda Lagend termasuk perpindahan lajur otomatis dan Traffic Jam Pilot. Salah satu fitur utama Sensing Elite adalah fungsi lepas tangan yang membantu pengemudi melepaskan tangan dari setir saat adaptive cruise control (ACC) dan lane keeping assist system (LKAS) aktif.

Fitur tersebut didukung oleh adaptive in-lane driving, yang membantu dalam mempertahankan posisi di dalam lajur dengan kecepatan yang telah ditentukan. Ketika mobil ini membaca ada kendaraan lain di depan, sistem akan mempertahankan mobil tetap berada di lajurnya dan menjaga jarak dengan kedaraan di depan.

Selanjutnya ada fitur active lane change with hands-off function, yakni untuk menyalip kendaraan di depan secara otomatis. Saat mobil Honda ini mendekati kendaraan yang lebih lambat di depannya, sistem akan memeriksa keadaan sekitar. Jika aman, secara otomatis mobil mengaktifkan lampu sein dan berpindah lajur untuk menyalip. Setelah melewati mobil di depan, sistem akan melihat lingkungan sekitar dan berpindah lajur kembali ke lajur awal sebelum menyalip.

Teknologi Otonom HondaTeknologi Otonom Honda Foto: Istimewa

Tak kalah canggih adalah fitur Traffic Jam Pilot. Fitur ini bisa dinikmati ketika pengendara menghadapi kondisi macet dan dikendarai dalam mode hands-off drive.

Dalam situasi seperti itu, sistem akan aktif secara otomatis mengontrol akselerasi, pengereman, dan setir saat kecepatan di bawah 30 km/jam. Dengan fitur ini, mobil akan melaju dan mengerem secara otomatis di lalu lintas stop and go dengan tetap menjaga jarak aman sesuai dengan kecepatan kendaraan di depan.

Saat Traffic Jam Pilot aktif, pengemudi dapat menonton video di layar hiburan serta mengoperasikan sistem navigasi untuk mencari alamat. Setelah lalu lintas lebih lancar, sistem akan meminta pengemudi mengambil alih setir. Saat pengemudi melanjutkan tugas menyetir, sistem akan menerima masukan sebelum kembali ke mode ACC/LKAS. Setelah beberapa saat, jika aman untuk melakukannya, mode hands-off drive diaktifkan kembali.

Teknologi Otonom HondaTeknologi Otonom Honda Foto: Istimewa

Fitur canggih milik Honda itu didukung oleh penggunaan data dari peta tiga dimensi definisi tinggi dan sistem navigasi satelit global. Data itu menentukan posisi kendaraan dan kondisi jalan. Sedangkan untuk membaca kondisi lingkungan sekitar kendaraan mobil ini menggunakan sejumlah sensor eksternal. Ditambah di dalam kabin terdapat kamera pemantau untuk melacak perhatian pengemudi.

[Gambas:Youtube]






Simak Video "Honda Luncurkan Honda City Hatchback Hybrid, Cuma Rp 380 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)