Intip Pasaran Harga Pajero Sport Bekas Tahun Muda

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 20 Mar 2021 16:19 WIB
Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Pemerintah mewacanakan perluasan relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM). Mobil dengan kapasitas mesin hingga 2.500 cc dipertimbangkan untuk mendapatkan diskon PPnBM.

Memang tak banyak mobil di kelas ini yang bisa mendapatkan diskon PPnBM. Selain Fortuner dan Innova, salah satu kandidat yang kemungkinan dapat diskon PPnBM adalah Mitsubishi Pajero Sport yang sudah dirakit lokal di Indonesia.

Seperti diketahui, Mitsubishi Pajero Sport telah diproduksi di pabrik perakitan Mitsubishi Motors di Indonesia sejak tahun 2017. Mitsubishi Pajero Sport diproduksi di pabrik perakitan Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, Indonesia.

Namun, untuk menikmati diskon PPnBM tersebut, TKDN Mitsubishi Pajero Sport minimal harus 70%. Seperti dijelaskan Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto dalam Squawk Box CNBC Indonesia, TKDN ini pun ternyata tergantung periode produksi sebuah kendaraan.

"Karena (TKDN) jalan terus, bisa berubah-rubah tiap bulan, misal bulan lalu belum pakai komponen lokal tapi tiba-tiba sudah pakai. Update yang punya APM (agen pemegang merek) sendiri karena mereka nggak lapor ke Gaikindo saya jadi sekian," ungkap Jongkie.

Bagaimana kondisi harga Pajero Sport bekas dengan tahun muda? Seperti diketahui, mobil bekas menjadi salah satu pilihan konsumen untuk membeli mobil dengan harga yang relatif lebih murah.

Di pasar mobil bekas, ada cukup banyak Mitsubishi Pajero Sport tahun muda. Harganya beragam. Untuk yang usianya tak sampai 3 tahun, harga Pajero Sport seken lebih dari Rp 300 juta.

Sebagai contoh, mengutip laman bursa mobil bekas WTC Mangga Dua, Pajero Sport Dakar tahun 2018 dibanderol Rp 325 juta. Dan Mitsubishi Pajero Sport Dakart Rockford tahun 2018 harganya Rp 430 juta.

Di situs jual beli mobil bekas lainnya, Mitsubishi Pajero Sport Dakar tahun 2018 dengan kilometer rendah harganya Rp 435 juta sampai Rp 439 juta. ada juga yang menjual Pajero Sport Dakar AT 2018 dengan harga Rp 451 juta.

Untuk Pajero Sport keluaran 2019 pun harganya beragam. Rata-rata Pajero Sport Dakar tahun 2019 ditawarkan dengan harga Rp 400 jutaan juga. Contoh, Pajero Sport 2019 ada yang menawarkan dengan harga Rp 458 juta tipe Dakar, Rp 469 juta tipe Dakar, hingga Rp 510 juta untuk tipe Rockford Fostgate Limited Edition 2019.

Kalau mau mencari Pajero Sport yang masih sangat muda, ada pula yang menawarkan Pajero Sport 2020. Harganya masih Rp 500 jutaan di situs jual beli mobil bekas. Contohnya, Pajero Sport Dakar AT NIK 2020 dibanderol Rp 525 juta.



Simak Video "Gokil! Mobil Bekas Dimodifikasi Jadi Musala"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)