Ada Diskon PPnBM, Pemesanan Mobil Daihatsu Melejit Hingga Tiga Kali Lipat

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 19 Mar 2021 10:55 WIB
Grand New Daihatsu Xenia Model 2019
Diskon PPnBM membuat pemesanan mobil Daihatsu meningkat hingga tiga kali lipat Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta -

Saat ini diberlakukan diskon PPnBM (pajak penjualan atas barang mewah). Mobil-mobil yang memenuhi syarat berhak dapat diskon PPnBM sampai 100%. Daihatsu mencatat, pemesanan kendaraan pun meningkat lebih dari 2 kali lipat.

Menurut Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan pemesanan empat model kendaraan Daihatsu yang mendapat diskon PPnBM mengalami peningkatan dibanding bulan Februari 2021.

"Kalau kita lihat, di grup pertama yang empat model yang terdampak relaksasi, dari tanggal 1 sampai 17 Maret dibanding tanggal 1 sampai 17 Februari naiknya 233%. Artinya kalau bahasa mudahnya 2,3 kali naiknya dibandingkan dengan bulan kemarin. Xenia 220%, Terios 253%, Luxio 197%, Granmax Minibus 194%," kata Hendrayadi saat konferensi pers virtual, kemarin.

Daihatsu melihat permintaan konsumen terkait kendaraan yang didiskon PPnBM itu mengalami peningkatan luar biasa. Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra mengatakan, kenaikan permintaan dari konsumen itu belum tentu bisa terpenuhi oleh suplai dari pabrik.

"Demand naik luar biasa, Secara suplai belum tentu kami bisa memenuhi sebanyak permintaan yang luar biasa. Karena bikin mobil itu di dalam mekanisme pembuatan mooil, itu terlibat lebih dari 20 ribu item, kemudian vendor di Daihatsu juga banyak banget di atas 300-an, yang masing-masing semua sudah memiliki mekanisme forecast atau order kepada second tier ataupun materialnya. Saat ini mekanisme forecast yang naik atau turun, yang bisa di-cover oleh vendor itu hanya 20%. Sementara kenaikan (demand) itu dua kali lipat lebih. Tentu saja kenaikan ini tidak bisa serta merta dipenuhi oleh vendor atau kami sebagai APM," kata Amel dalam kesempatan yang sama.

Dengan kondisi ini, Amel mengatakan kemungkinan akan ada komplain dari konsumen. Soalnya, Amel memastikan akan terjadi inden atau antrean pemesanan kendaraan. Sehingga konsumen yang membutuhkan mobil dengan cepat harus sabar menunggu unitnya diantar sampai garasi.

"Untuk kenaikan (permintaan) yang sebesar itu, di stok di dealer Daihatsu tidak akan banyak untuk memenuhi kenaikan yang luar biasa. Terutama beberapa varian yang luar biasa naik, Terios dan Xenia. Jadi ada kemungkinan customer berharap PPnBM 0%, tidak serta merta dapat suplai. Dan periode PPnBM 0% kan sampai Mei, pada waktu mereka disuplai Juni, itu kan turun PPnBM-nya jadi 50%. Itu ada kemungkinan mereka marah, itu menjadi satu PR besar bagi kami bagaimana mengedukasi customer bahwa permintaan yang melonjak luar biasa membutuhkan waktu untuk pemenuhannya," jelas Amel.

Hendrayadi juga menambahkan, suplai kendaraan ke dealer tidak bisa tiba-tiba meningkat. Apalagi saat ini di pabrik pembuatan mobil masih diterapkan protokol kesehatan sehingga produksi dan jumlahnya belum menyamai keadaan normal.

"Sekarang ini, kita masih mengikuti protokol kesehatan, tentunya suplai juga masih terbatas," kata dia.

Lalu, berapa lama kira-kira konsumen harus menunggu unit mobilnya dikirim sampai ke garasi rumah? Hendrayadi tidak bisa memastikannya karena mungkin akan berbeda-beda setiap model dan tipenya.

"Tapi kalau sekarang ini sih kita masih berusaha memenuhi sesuai dengan stok kita yang ada. Sekarang ini kan mau menjelang lebaran, padahal sekarang PPnBM 0%, pasti yang membutuhkan akan banyak. Ini yang kita antisipasi. Tapi sekarang, kita masih berusaha dengan suplai dari PT ADM," ucap Hendrayadi.

Menurutnya, konsumen yang ingin membeli mobil baru dan menggunakannya untuk hari raya Idul Fitri nanti, bisa memesan dari sekarang sehingga masa tunggunya tak akan lama.

"Sekarang kan Maret, Lebaran bulan Mei, rasanya sih kalau mereka pesan sekarang, mungkin bulan depan pun mereka masih bisa dapat. Oleh karena itu kalau mau mudik pakai mobil baru kemudian dengan harga yang dijamin masih dapat fasilitas 0%, pesan sekarang," ucapnya.



Simak Video "Idling Stop Bikin Terios Sering Mati-Hidup Otomatis, Aki Bisa Tekor?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/riar)