Toyota Avanza Anda Termasuk Kena Recall? Cek di Sini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 18 Mar 2021 16:40 WIB
Model berpose di depan Mobil Grand New Avanza dan Grand New Veloz saat peluncuran di Jakarta, Rabu (12/8). PT Toyota Astra Motor meluncurkan dua varian mobil segmen low Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan mesin berteknologi dual VVT-i dengan kapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc yang merupakan pengembangan atas model Avanza Veloz yang diluncurkan pada 2013.
Toyota recall Avanza, mobil Anda termasuk? Foto: agung pambudhy
Jakarta -

PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan recall atau penarikan kembali terhadap beberapa mobil yang dijual di Indonesia. Salah satu mobil yang di-recall adalah Toyota Avanza. Apakah Toyota Avanza milik Anda termasuk yang di-recall?

Toyota Avanza itu terindikasi masalah fuel pump atau pompa bahan bakar. Sebelumnya, kampanye recall mobil Toyota akibat fuel pump sudah diumumkan tahun lalu. Saat itu, recall melibatkan Alphard produksi tahun 2017-2018, Corolla produksi tahun 2018, FJ Cruiser produksi tahun 2013-2014, dan Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux produksi tahun 2017-2019.

Berdasarkan hasil pengecekan lebih lanjut, Toyota memperluas cakupan model-model yang masuk ke dalam aktivitas ini. Adapun mobil tambahan yang di-recall karena masalah fuel pump antara lain Alphard tahun produksi 2017-2019, C-HR tahun produksi 2018-2019, Corolla tahun produksi 2019, Camry tahun produksi 2019, Voxy tahun produksi 2018-2019, Kijang Innova tahun produksi 2018-2019, Fortuner tahun produksi 2018-2019, Hilux tahun produksi 2019, Avanza tahun produksi 2017-2019, dan Rush tahun produksi 2017-2019.

Bagaimana mengecek mobil terlibat recall atau tidak?

Dalam siaran persnya, Toyota mengatakan telah menginformasikan kepada pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi, baik melalui surat resmi maupun melalui media massa dan situs resmi Toyota.

Pemilik kendaraan itu bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telepon 1-500-315.

Untuk memastikan lebih lanjut, Anda juga bisa mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc. Pada situs itu, Anda tinggal memasukkan nomor rangka mobil, kemudian akan muncul informasi apakah kendaraan tersebut masuk dalam program recall Toyota atau tidak.

Toyota menjamin proses pengecekan dan penggantian komponen mobil yang terlibat recall ini mudah dilakukan di bengkel resmi. Perbaikan tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Seluruh jaringan bengkel Toyota yang saat ini berjumlah 298 bengkel yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia juga dilibatkan untuk memastikan pelanggan segera melakukan pengecekan dan penggantian komponen kendaraannya.

Jika kendaraannya masuk ke dalam program ini, maka pelanggan dapat langsung menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat atau yang diinginkan, untuk dilakukan pengecekan dan penggantian komponen kendaraan jika diperlukan.

Untuk proses penggantian, pelanggan disarankan melakukan booking service terlebih dahulu, agar dealer dapat mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti. Dan seluruh proses pemeriksaan dan penggantian tidak dipungut biaya sama sekali (gratis).

Perbaikan kendaraan yang terlibat recall akibat masalah fuel pump itu membutuhkan waktu sekitar 2-4 jam.



Simak Video "Kahitna Bikin Baper Penonton di Festival Toyota Sebangsa Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)