Jadi Syarat Diskon PPnBM, Gaikindo Jelaskan Maksud 'Local Purchase'

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 16 Mar 2021 16:58 WIB
Pabrik milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang resmi melahirkan mobil Sienta. Toyota menargetkan produksi 4.000 unit/bulan.
Diskon PPnBM mensyaratkan mobil memiliki local purchase 70% ke atas. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemerintah sudah memberlakukan diskon PPnBM (pajak penjualan atas barang mewah) untuk mobil baru. Tak semua mobil dapat diskon PPnBM. Untuk saat ini diskon PPnBM hanya berlaku untuk mobil dengan kategori sedan dan 4x2 bermesin sampai 1.500 cc dan diproduksi di Indonesia dengan local purchase 70%.

Pemerintah kemudian mempertimbangkan perluasan diskon PPnBM. Mobil dengan mesin sampai 2.500 cc dipertimbangkan dapat diskon PPnBM dengan syarat yang sama, local purchase 70%.

Menurut Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi, mengatakan local purchase berbeda dengan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri).

"Beda, TKDN itu kandungan dalam negeri. Ini local purchase. Local purchase itu, Anda ngangkut komponen aja kan pakai truk lokal, itu sudah dihitung. Anda kerjain pakai buruh, itu sudah dihitung, karena buruhnya kan orang Indonesia. Sementara kalau kandungan dalam negeri itu komponennya," kata Nangoi kepada detikcom, Selasa (16/3/2021).

Lebih lanjut, Nangoi menjelaskan bahwa TKDN hanya berupa komponen buatan dalam negeri yang terkandung dalam mobil. Sementara local purchase sudah memperhitungkan pembelian lokal lain seperti ongkos kerja.

"Kalau kita bikin mobil, ongkosnya misalnya Rp 100 juta. Ongkos Rp 100 juta itu termasuk yang namanya ongkos kerja, ongkos angkut, listrik segala macam, termasuk komponen. Tapi kalau kandungan dalam negeri itu hanya untuk komponen-komponen itu. Ini (local purchase) termasuk ongkos segala macam," sambungnya.

Berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021 yang ditandatangani 26 Februari 2021, ada 21 jenis kendaraan yang mendapatkan diskon PPnBM. Ke-21 kendaraan itu telah memenuhi syarat yakni local purchase di atas 70%.

Daftar kendaraan yang mendapat keringanan PPnBM antara lain:

1. Toyota Yaris (semua varian)
2. Toyota Vios (semua varian)
3. Toyota Sienta (semua varian)
4. Daihatsu Xenia (semua varian)
5. Toyota Avanza (semua varian)
6. Daihatsu Grand Max Minibus (semua varian)
7. Daihatsu Luxio (semua varian)
8. Daihatsu Terios (semua varian)
9. Toyota Rush (semua varian)
10. Toyota Raize (semua varian)
11. Daihatsu Rocky (semua varian)
12. Mitsubisi Xpander (semua varian)
13. Mitsubishi Xpander Cross (semua varian)
14. Nissan Livina (semua varian)
15. Honda Brio RS (semua varian)
16. Honda Mobilio (semua varian)
17. Honda BRV (semua varian)
18. Honda HRV (semua varian)
19. Suzuki Ertiga (semua varian)
20. Suzuki XL7 (semua varian)
21. Wuling Confero (semua varian).



Simak Video "Catat! Skema Diskon PPnBM Mobil Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)