Jaguar Land Rover Siap Terapkan Mobil Anti Virus

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 16 Mar 2021 13:57 WIB
Jaguar Land Rover Air Filtration System
Jaguar Land Rover Air Filtration System dok. Pool Autoblog
Jakarta -

Pandemi Corona yang melanda dunia membuat para produsen otomotif dunia mencari cara agar setiap pengendaranya bisa terhindar dari virus saat berkendara. Seperti Jaguar Land Rover (JLR) menciptakan Air Filtration System yang menjamin bisa membunuh virus dan bakteri hingga 97 persen.

Seperti dikutip autoblog, sistem Air Filtration System merupakan hasil kolaborasi antara Jaguar land Rover dengan Panasonic Nanoe X technology, dikatakan sistem ini akan bekerja layaknya face mask (masker) namun dipergunakan untuk mobil yang disebut HVAC System.

Sistem Nanoe X dikatakan 10 kali lebih efektif menangkal bakteri dan virus, berkat menggunakan voltase tinggi untuk bisa menghasilkan Hydroxyl (OH) yang terbungkus dalam molekul air berukuran nano. Sehingga pengendara bisa terjaga dari bakteri dan virus.

Virus dan protein bakteri mengalami perubahan sifat ketika bersentuhan dengan sistem filtrasi yang diartikan mereka tidak dapat berkembang biak atau tumbuh. Radikal OH juga menghilangkan alergen dan jamur yang umum, tetapi tidak berbahaya bagi manusia.

Land Rover Defender dipamerkan di Frankfurt Motor Show bulan September 2019Ilustrasi Land Rover Defender dipamerkan di Frankfurt Motor Show bulan September 2019 Foto: Jaguar Land Rover via Newspress

Jaguar Land Rover menekankan tidak bergantung pada simulasi komputer untuk memutuskan apakah sistem filtrasinya berfungsi seperti yang dirancang. Itu meminta laboratorium Inggris Perfectus Biomed untuk melakukan tes yang mensimulasikan sistem ventilasi dalam mode resirkulasi selama siklus 30 menit di ruang tertutup.

Hasilnya 97% virus dan bakteri yang ada di udara telah dimusnahkan. Produsen mobil tersebut menunjukkan bahwa teknologi Nanoe X Panasonic telah terbukti secara independen menghambat 99,995% virus korona selama uji laboratorium dua jam yang dilakukan oleh laboratorium imunologi Prancis Texcell.

Model masa depan dari Jaguar dan Land Rover akan menggunakan teknologi ini, meskipun belum bisa memastikan kapan mobil ini akan menerapkannya.



Simak Video "Penampakan Mobil Bertabur Emas dan Berlian"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)