Tergusur dari Mobil Terlaris, Avanza Masih Jadi Raja Low MPV

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 14 Mar 2021 17:26 WIB
Harga mobil LCGC atau mobil murah bakal naik karena kena pajak 3%. Meski tak signifikan harga mobil LCGC akan semakin nyerempet dengan Low MPV.
Avanza masih jadi yang terlaris di kelas low MPV. Foto: Dok. detikOto
Jakarta -

Toyota Avanza tergusur dari puncak mobil terlaris di Indonesia. Sebelum tahun 2020, Avanza selalu menjadi mobil paling laris. Tapi, sejak 2020 saat pandemi COVID-19 menyerang Indonesia, Toyota Avanza tergusur dari takhta mobil terlaris.

Tren itu juga berlanjut pada Februari 2021. Berdasarkan data wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Avanza hanya menduduki posisi kesembilan dalam daftar mobil terlaris Februari 2021.

Pada Februari 2021, Daihatsu Granmax menjadi mobil paling laris, menggeser Honda Brio di urutan kedua. Toyota Avanza menduduki posisi sembilan, tergusur oleh mobil komersial hingga LCGC di atasnya. Low MPV lain pun penjualannya tak terlalu signifikan.

Dalam daftar mobil terlaris, Avanza boleh jadi tergusur ke posisi sembilan. Tapi, di kelas low MPV, Toyota Avanza masih menjadi yang paling laris.

Toyota Avanza masih mempertahankan predikatnya di kelas low MPV. MPV berjuluk mobil sejuta umat itu terjual sebanyak 1.921 unit selama Februari 2021.

Sementara di posisi kedua ada Mitsubishi Xpander. Mitsubishi Xpander menjadi low MPV terlaris kedua setelah Avanza dengan angka penjualan sebanyak 924 unit.

Sedangkan pesaing lain di kelas low MPV pennjualannya tidak tergolong besar. Bahkan, selain Avanza dan Xpander, tak ada lagi low MPV yang masuk daftar 20 mobil terlaris Februari 2021.

detikoto melakukan uji irit dari 6 mobil tipe MPV dari berbagai macam pabrikan di bridgestone sirkuit, Karawang. Ke enam mobil tersebut adalah Wuling Cortez, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Grandyos Zafna/detikcomLow MPV. Foto: Grandyos Zafna

Berikut data penjualan wholesales low MPV pada Februari 2021:

1. Toyota Avanza: 1.921 unit
2. Mitsubishi Xpander (tanpa Xpander Cross): 924 unit
3. Daihatsu Xenia: 347 unit
4. Honda Mobilio: 334 unit
5. Wuling Confero S: 262 unit
6. Suzuki Ertiga: 207 unit.

Ke mana Nissan Livina kembaran Mitsubishi Xpander? Data Gaikindo tidak mencatat nama Nissan Livina dalam data penjualan wholesales. Pada kategori mobil 4x2 di bawah 1.500 cc, Nissan terdata hanya menjual Kicks e-Power dan Magnite. Rinciannya, Nissan Kicks E-Power sebanyak 17 unit dan Nissan Magnite 3 unit.



Simak Video "Kahitna Bikin Baper Penonton di Festival Toyota Sebangsa Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)