Wah, Mitsubishi Bakal Kembangkan Xpander Hybrid di Indonesia

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 11 Mar 2021 08:18 WIB
Sejak diluncurkan Agustus lalu, pemesanan Xpander kini mencapai 23.000 unit.
Pabrik Mitsubishi Xpander di Cikarang. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Mitsubishi dikabarkan siap mengekspansi lini produknya ke arah kendaraan ramah lingkungan. Bahkan, Mitsubishi Xpander pun akan disulap jadi mobil hybrid.

Menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Mitsubishi berkomitmen mengembangkan Xpander Hybrid. Hal itu ia sampaikan setelah dirinya melakukan pertemuan dengan pihak prinsipal Mitsubishi di Jepang.

Agus mengatakan, Mitsubishi berkomitmen kepada Indonesia bahwa pada akhir 2025 akan menambah investasi sebesar Rp 11,2 triliun. Mitsubishi disebut akan meningkatkan kapasitas produksi di Indonesia yang sebelumnya 220.000 unit menjadi 250.000 unit.

"Sedangkan mereka juga akan mengembangkan dua model yaitu Xpander Hybrid atau HEV, hybrid electric vehicle, dan juga model kedua yaitu PHEV atau plug-in hybrid electric vehicle. Untuk model yang kedua itu akan diarahkan menjadi produk ekspor dari Indonesia ke negara-negara tujuan ekspor," kata Agus dalam konferensi pers yang digelar secara virtual.

Agus menegaskan, pihak Mitsubishi telah memberikan komitmen untuk mengembangkan kendaraan hybrid. Menurutnya, tugas dari Pemerintah adalah mengawalnya.

"Selain hybrid mereka juga merencanakan melakukan investasi pada plug-in hybrid dan juga BEV (battery electric vehicle/mobil listrik berbasis baterai). Khusus untuk BEV, mereka masih melakukan studi terhadap model-model yang akan dikembangkan," ungkap Agus.

Agus menyadari, komitmen Mitsubishi untuk mengembangkan mobil hybrid hingga mobil listrik itu perlu dukungan dari Indonesia untuk menyiapkan infrastrukturnya. Menurutnya, diperlukan kolaborasi dengan kementerian dan lembaga lain untuk menyiapkan infrastruktur seperti stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

"Termasuk kita perlu mempersiapkan battery recycle karena pada dasarnya dengan teknologi yang semakin maju semua hal itu bisa di-recycle," sebutnya.

Rencana Bisnis Mitsubishi, Xpander Hybrid Disiapkan untuk 2023Rencana Bisnis Mitsubishi, Xpander Hybrid Disiapkan untuk 2023 Foto: Screenshot Dokumen Presentasi MMC

Sementara itu, kembali ke Xpander Hybrid, Mitsubishi memang telah mengungkapkan rencana bisnisnya ke depan. Disebutkan dalam rencana bisnisnya, Mitsubishi Xpander hybrid akan diluncurkan pada tahun fiskal 2023.

Untuk pasar ASEAN, di tahun fiskal 2023 dan setelahnya, Mitsubishi juga bakal meluncurkan Mitsubishi Xpander terbaru dan Pajero Sport anyar. Juga ada dua model sama sekali baru (belum pernah diperkenalkan oleh Mitsubishi) yang disiapkan untuk pasar ASEAN.



Simak Video "Spesial! Xpander Rockford Fosgate"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)