Mudik Naik Mobil Listrik Nggak Khawatir, Ini Lokasi Tempat Ngecas

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 09 Mar 2021 07:36 WIB
Tempat Ngecas Mobil Listrik di Rest Area Jalan Tol
SPKLU di rest area tol ditambah lagi. Foto: Istimewa
Jakarta -

Menggunakan kendaraan listrik untuk perjalanan jauh kini tak perlu dikhawatirkan lagi. Soalnya, sudah mulai banyak titik pengisian ulang energi mobil listrik di berbagai lokasi. Salah satunya di rest area jalan tol.

Untuk menggencarkan program dalam percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai atau KBLBB, PT Jasamarga Related Business (JMRB) mendukung penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU di sejumlah rest area.

Sampai saat ini terdapat empat SPKLU yang sudah dipasang pada beberapa rest area, yakni Rest Area KM 207 A Ruas Palikanci, Rest Area KM 379 A Ruas Batang-Semarang, serta Rest Area KM 519 A dan KM 519 B Ruas Solo-Ngawi. Keempat SPKLU tersebut akan dikelola oleh PT JMRB.

Imad Zaky Mubarak, Direktur Bisnis Komersial PT JMRB menyatakan, pihaknya akan terus menambah jumlah SPKLU di beberapa ruas rest area yang dikelola oleh PT JMRB atau oleh kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Tempat Ngecas Mobil Listrik di Rest Area Jalan TolTempat Ngecas Mobil Listrik di Rest Area Jalan Tol Foto: Istimewa

"Penyediaan SPKLU di rest area bertujuan untuk menyiapkan sarana guna mendukung implementasi Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan," kata Zaky dalam keterangan tertulisnya.

Rencananya dalam waktu dekat, Zaky mengungkapkan bahwa SPKLU akan ditambah lagi dengan hadir di Rest Area KM 389 B Ruas Batang-Semarang.

Tempat Ngecas Mobil Listrik di Rest Area Jalan TolTempat Ngecas Mobil Listrik di Rest Area Jalan Tol Foto: Istimewa

Dirinya juga menambahkan, untuk mewujudkan SPKLU yang rencananya akan tersebar di seluruh rest area yang dikelola oleh PT JMRB, pihaknya bekerja sama dengan PT PLN (Persero) untuk membangun infrastruktur serta sarana SPKLU.

"Kami terus berkoordinasi dengan PLN untuk menghadirkan SPKLU di rest area yang kami kelola di seluruh Indonesia. Dengan begitu, kami berharap masyarakat tidak ragu untuk memiliki kendaraan berbasis listrik," ungkapnya.

Kehadiran SPKLU di sejumlah rest area ini merupakan bentuk komitmen PT JMRB dalam upayanya memaksimalkan pelayanan bagi pengguna jalan tol, terutama bagi pengguna kendaraan listrik.

Sebelumnya PT JMRB telah melakukan digitalisasi pada sistem pembayaran di rest area. Sehingga memungkinkan para pengunjung yang datang dan berbelanja bisa melakukan transaksi secara non-tunai.



Simak Video "Dilema Mobil Listrik: Ramah Lingkungan, Tapi Jutaan Pekerjaan Hilang"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)