Saat Geely 'Kawin'dengan Mercedes-Benz Lahirkan SUV Listrik

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 05 Mar 2021 18:59 WIB
mobil listrik Smart Kolaborasi Mercedes-Benz dan Geely
Mobil listrik Mercedes-Benz dan Geely Foto: Pool (Autocar)
Jakarta -

Mercedes-Benz dan produsen otomotif asal China Geely mengumumkan akan memperkenalkan mobil konsep listrik kolaborasi mereka. Pilihan mobil listrik mereka pun jatuh pada model SUV dan dikatakan akan SUV listrik yang pintar dalam bentuk Smart.

Dikutip autocar, Smart Electric SUV milik Mercedes-Benz dan Geely ini akan resmi diperkenalkan di Munich Motor Show September 2021 dengan memiliki 5 pintu dan memiliki kode HX11. SUV listrik ini dikatakan akan diproduksi di China tepatnya di kota Hangzhou.

Smart's Vice-President of Global Sales Daniel Lescow mengatakan SUV listrik ini akan dibangun menggunakan platform terbaru Geely yang disapa New SEA Electric car Architecture.

"Ini akan menjadi produk yang mengejutkan, untuk masuk ke pasar SUV dengan full listrik yang kompak. Selain itu ini menjadi mobil pertama Mercedes-Benz dan Geely dan akan dijual mulai 2022," ujar Daniel.

Dikatakan dimensi yang bakal ditawarkan akan sama layaknya MINI Countryman dengan memiliki kapasitas 5 penumpang. Soal performa, dikatakan dengan motor listrik yang diselipkan di bagian belakang, bakal mampu menyemburkan 268 tenaga kuda dengan baterai lithium ion berkapasitas 70 kWh dan mampu berlari hingga 500 km.

Kabarnya jika memang akan diproduksi di China, SUV listrik ini akan diproduksi bersama dengan EQ ForTwo dan EQ Forfour.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)