Spesifikasi Honda City Hatchback RS: Penerus Jazz dengan Fitur Makin Kaya, Mesin Lebih Bertenaga

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 04 Mar 2021 07:42 WIB
Jakarta -

PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi memperkenalkan Honda City Hatchback RS untuk pertama kalinya di Indonesia. Mobil ini diproyeksikan sebagai penerus Honda Jazz yang sudah habis masa edar. Bicara spesifikasi Honda City Hatchback RS, diklaim tampil lebih sporty, dengan fitur-fitur yang makin kaya, dan dapur pacu yang lebih bertenaga. Yuk intip spesifikasi lengkapnya.

Mulai dari Alasan Honda yang Hanya Merilis Varian 'RS' di City Hatchback

HPM hanya memperkenalkan City Hatchback di Indonesia dalam varian 'RS' saja. Tentu ada alasannya, menurut HPM, Honda memiliki reputasi yang kuat dengan model-model seperti Honda Jazz dan Honda Civic Hatchback RS. Jika digabungkan, kedua model itu mendominasi segmen hatchback di 2020, melalui pangsa pasar mencapai 48%.

Lebih jauh, kesuksesan Honda di segmen hatchback tak lepas dari kontribusi varian yang memiliki karakter lebih sporty, yaitu varian RS. Pada tahun 2020, varian RS dari Honda Jazz sendiri berkontribusi lebih dari 90% dari total penjualan model ini. Pada tahun yang sama, Honda juga meluncurkan model terbaru Civic Hatchback, dengan varian tunggal RS dan menerima sambutan sangat baik dari konsumen.

Honda City Hatchback RSHonda City Hatchback RS Foto: Dok. HPM

Berasal dari kata "Road Sailing", RS merupakan pengembangan khusus untuk varian Honda yang memiliki karakter lebih sporty, baik dalam hal desain dan performa. Selain Honda Jazz dan Civic Hatchback, varian RS juga dimiliki model-model populer lainnya seperti Honda Brio dan Honda Mobilio, Kini, Honda City Hatchback menjadi model terbaru Honda yang mengusung emblem RS.

Honda City Hatchback RS dirancang sebagai hatchback khas Honda, yang melanjutkan citra sporty dari model-model yang selama ini telah membuat Honda terkenal di segmen ini. Model City sendiri merupakan salah satu lini paling populer dari Honda, yang diklaim mendapat sambutan positif dari konsumen di Asia, termasuk Indonesia.

Honda City Hatchback RSHonda City Hatchback RS Foto: Dok. HPM

Desain Eksterior

Pada sisi eksterior, Honda City Hatchback RS menerapkan cutting edge design, dengan full LED Headlight with LED Daytime Running Light, LED Foglight, dan Rear Combi Light with LED light bars. Selain itu, disematkan warna hitam glossy pada Front Upper Grille, Side Door Mirror, Shark Fin Antenna, dan 16" Sporty Alloy Wheels.

Mobil ini juga dilengkapi Aerokit eksklusif RS, seperti Rear Bumper with Diffuser, Fog Garnish, Front Bumper Lower Mesh Grille tampil pada bagian eksterior. Kombinasi aerokit dan bumper pada Honda City Hatchback RS diklaim telah dikembangkan melalui pengujian pada terowongan angin oleh Honda Research & Development di Sakura, Jepang yang juga mengembangkan Formula-1 untuk tingkat aerodinamika yang lebih baik.

Honda City Hatchback RSHonda City Hatchback RS Foto: Dok. HPM

Interior dan Akomodasi

Mengusung konsep 'Elevate Your Move', Honda City Hatchback RS diklaim memiliki kabin lapang, disertai jok berlapis Suede-Fabric-Leather Combi Trimmed Seats dengan aksen merah yang menghadirkan kenyamanan dan sensasi sporty. Kabin Honda City Hatchback RS menerapkan fungsi Ultra Seat, di mana penumpang dapat mengatur 4 mode berbeda pada kursi depan dan belakang yang terdiri dari Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode, dan Long Mode.

Di dalam kabin, interior Honda City Hatchback RS dirancang untuk menambah kesan sporty dan kenyamanan lebih tinggi. Pada bagian depan kabin, panel instrumen didesain dengan Sporty Meter Cluster with Red Accent yang terintegrasi dengan 8" Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio. Tersedia pula fitur Smartphone Connection yang mendukung Android Auto dan Apple CarPlay.

Honda City Hatchback RS juga dilengkapi 8 buah speaker yang ada pada bagian depan dan belakang kabin serta Auto A/C with Red Illumination. Fitur lain ada Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan 3 tampilan: Normal View, Wide View, dan Top View.

Lanjut ke Fitur-fitur Kekinian Honda City Hatchback RS

Simak juga 'Lebih Intim Dengan Honda CBR600RR':

[Gambas:Video 20detik]