Berburu Mobil Diskon PPnBM, Pesan Sekarang Bisa Inden Sebulan

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 02 Mar 2021 09:43 WIB
Salah satu diler mobil Toyota di Indonesia, Auto2000 meresmikan diler di kawasan bintang Jakarta, Jalan Sudirman. Diler ini boleh jadi merupakan yang termewah di Indonesia.
Diskon pajak mobil baru sudah berlaku. Konsumen yang berminat disarankan memesan mobil sekarang. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pemberlakuan diskon pajak PPnBM mulai berlaku. PPnBM mobil baru didiskon sebesar 100 persen untuk mobil dengan kapasitas mesin sampai dengan 1.500 cc berpenggerak 4x2.

Pembebasan PPnBM ini berlaku mulai Maret hingga tiga bulan ke depan. Sejumlah dealer di Jakarta sudah mendapat banyak pertanyaan dari konsumen yang mulai mencari tahu perihal diskon pajak PPnBM 100 persen, salah satunya terjadi pada dealer Toyota.

Saat didatangi, salah satu staf penjualan di dealer Toyota di sana mengatakan banyak konsumen yang mulai mencari informasi seputar unit mobil yang mendapat diskon PPnBM.

"Sudah banyak yang menanyakan diskon pajak PPnBM ini, biasanya konsumen ingin tanya-tanya dulu soal kebijakan ini kepada dealer sebelum membeli," ujarnya kepada detikOto, Senin (1/3/2021).

Namun ia menuturkan, banyak konsumen yang menanyakan melalui sambungan telepon saja dan sedikit yang langsung datang ke dealer untuk menanyakan seputar diskon PPnBM.

"Kalau sekarang sih lebih banyak melakukan via sambungan telepon ya, karena mungkin konsumen juga khawatir akan karena pandemi jadi lebih memilih menanyakan lewat telepon dulu," kata staf penjualan.

Selain itu dirinya mengatakan jika ingin membeli unit kendaraan yang mendapat diskon pajak PPnBM, setidaknya harus dilakukan sejak jauh-jauh hari. Karena tidak semua ketersediaan unit mobil selalu ada di dealer.

"Untuk lebih baiknya sih jika ada keinginan membeli unit mobil yang mendapat diskon pajak PPnBM dari sekarang saja. Karena ada juga konsumen yang sudah mulai ingin membeli, selain itu untuk jaga-jaga jika unit yang tersedia terbatas dan nggak semuanya ada," ujarnya.

Saat menyambangi salah satu dealer Daihatsu di Jakarta, staf penjualan di sana menuturkan terdapat beberapa konsumen yang masih menanyakan seputar kebijakan PPnBM, namun ada juga yang belum memutuskan mengambil unit dengan diskon pajak PPnBM.

"Kalau konsumen sih sudah banyak yang menanyakan soal diskon pajak PPnBM ini, tapi sampai sekarang belum ada yang pesan di bulan ini, karena masih ada beberapa konsumen yang pikir-pikir dahulu untuk membeli unit," ungkapnya.

Untuk pemesanan unit mobil di Daihatsu yang mendapat diskon PPnBM diperkirakan membutuhkan waktu sekitar satu bulan lamanya. Karena stok unit mobil di dealer terbatas.

"Sebaiknya jika memang ingin memesan unit kendaraan yang mendapat diskon pajak PPnBM ini dipesan dari sekarang, karena kemungkinan besar baru dikirim bulan depan, kira-kira hampir sebulan. Sebab kita memproduksi sesuai pesanan," katanya saat ditanya.

"Maka dari itu lebih baik konsumen memesan unit kendaraan yang mendapat PPnBM dari sekarang, agar tidak menunggu terlalu lama hingga bulan depan dan bisa diproses lebih cepat," jelasnya.



Simak Video "Diskon PPnBM 100% Cuma Sampai Hari Ini, Harga Mobil Dipastikan Naik Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)