Korlantas Sudah Order Berapa Banyak Mobil Listrik Tesla?

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 27 Feb 2021 16:27 WIB
Tesla model 3 jadi armada patroli Korlantas Polri
Tesla Model 3 Foto: Prestige Image Motorcars
Jakarta -

Korlantas Polri telah menerima hibah Tesla Model 3 yang dijadikan sebagai kendaraan operasional. Meski demikian bisa dipastikan Korlantas tidak memiliki Tesla Model 3 ini sepenuhnya, karena Tesla Model 3 ini memang ditujukan sebagai bentuk dukungan sosialisai kendaraan listrik. Tapi apakah Korlantas sudah melakukan pemesanan Tesla Model 3?

Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim kepada detikOto menjelaskan digunakan Tesla Model 3 untuk menjadi kendaraan operasional Korlantas bukan semata-mata untuk bisa menjual ke pihak berwajib.

"Saya rasa mungkin tidak akan ke situ (langsung menjual Tesla Model 3 kepada pihak berwajib), karena memang harganya mahal," ujar Rudy.

Rudy memastikan Tesla Model 3 ini hanya untuk sosialisasi semata agar kendaraan listrik bisa berkembang di Indonesia.

"Lebih ke sosialisasi mengendarai kendaraan listrik berbasis listrik, kita sama-sama mendukung iklimnya sudah bagus bangat, beberapa pejabat, dan kalau kepolisian menggunakan mobil listrik artinya jadi lebih aman dan jangan panik. Sehingga jangan takut untuk ng-charge-nya dan melakukan perawatannya," kata Rudy.

Tesla model 3 jadi armada patroli Korlantas PolriTesla model 3 jadi armada patroli Korlantas Polri Foto: Prestige Image Motorcars

"Jadi lebih sosialisasi dan meyakinkan masyarakat, kita coba mendukung Jakarta bebas polusi. karena memang Tesla memang memiliki harga yang tidak murah," Rudy menambahkan.

Di Indonesia, Tesla Model 3 dijual dengan harga sekitar Rp 1,5 miliar. Tesla Model 3 ini sudah dilapisi stiker dengan warna mobil Korlantas Polri. Mobil listrik Tesla Model 3 ini sudah dilengkapi dengan strobo biru di atapnya karena merupakan mobil patroli kepolisian.

Tesla Model 3 yang dipinjamkan menjadi mobil patroli polisi adalah tipe Standard Range Plus. Tesla Model 3 tipe itu mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 5.6 detik dengan kecepatan maksimum mencapai hingga 225 km/jam.

Mobil ini dapat menempuh jarak 400 km dalam sekali pengecasan. Estimasi biaya pengecasan untuk menempuh jarak 400 km hanya Rp70.000.

Sebelum Tesla yang digunakan Korlantas Polri, kepolisian juga sudah mendapatkan mobil listrik lain. Adalah pengawal Gubernur Jawa Barat yang menggunakan mobil listrik.



Simak Video "Polri Dapat Tesla Untuk Mobil Patroli Gratis!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)